Recently Published
Most Viewed
Journal article

Analisis Pasca Bencana Tsunami Aceh

Tsunami yang menghancurkan kota dan bahkan peradaban telah terjadi sejak beberapa ribu tahun sebelum masehi seperti halnya di Mediterania. Di Indonesia, bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh 26 Desember 2004 telah menyebabkan kehancuran yang luar biasa di daerah pesisir Aceh dari segi infrastruktur dan korban manusia. Bencana yang terjadi merupakan salah satu bencana yang terbesar di abad ini. Karena kehancuran yang demikian besar maka besar juga hendaknya pelajaran yang bisa diambil untuk dapat dijadikan acuan untuk menata dan membangun kawasan pesisir Aceh khususnya dan untuk pelajaran kawasan pesisir lain di Indonesia yang rawan bencana tsunami. Model rumah panggung untuk pengungsi terbukti lebih efektif untuk daerah pesisir dibandingkan dengan model rumah yang menempel pada tanah. Gempa yang terjadi pasca gempa 26 Desember 2004 ternyata berpengaruh besar pada kawasan pesisir dimana sebagian daratan mengalami penurunan dan air laut pasang dapat masuk lebih jauh dari sebelumnya hingga menggenangi daerah pengungsi. Kajian tingkat kerusakan, pemetaan daerah terkena tsunami dan kondisi fisik dan ekologis kawasan pesisir pasca bencana tsunami demikian pula pemetaan kembali wilayah pesisir terutama akibat adanya penurunan daratan, pembuatan zonasi kerentanan multi bencana (gempa, tsunami, banjir, longsor dan lain-lain) sangat penting untuk rekonstruksi Aceh pasca tsunami. Aspek pendidikan tentang bencana kepada masyarakat dan anak-anak sekolah merupakan bagian dari sistim peringatan dini yang penting.
Journal article

Kondisi Kualitas Air Sumur Penduduk di Wilayah Genangan Semburan Lumpur Sidoarjo

Sidoardjo mudflow has been occuring since 2006. This disaster is the first incident in Indonesia which has such a broad impact, like the settlements, fields, roads and other buildings submerged, resulting in enormous losses. Besides damaging the existing infrastructure in the area, the mud flow is also causing environmental damage, particularly contamination of ground water community. To find out how much the impact of the mud flow to the water quality community, carried out observations and surveys of well water quality conditions of the communities around the location of the mud puddles. In this paper provided an alternative drinking water treatment technology can be applied in this area.
Suggested For You
Journal article

Penilaian Kerentanan Lahan Sawah Padi Terhadap Banjir DAS Cidurian Di Desa Renged, Kecamatan Binuang, Serang, Banten

Desa Renged Kecamatan Binuang Kabupaten Serang Provinsi Banten, merupakan daerah yang kondisi ekonominya sebagian besar dipengaruhi oleh sektor pertanian yaitu padi sawah. Peristiwa banjir besar dalam 21 tahun terakhir terjadi pada tahun 1994, 2001, dan 2013, yang mengakibatkan gagal panen bagi petani. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisis bahaya banjir daerah penelitian berdasarkan data kejadian banjir tahun 1994, 2001, dan 2013, dan (2) menilai tingkat kerentanan lahan sawah padi terhadap bahaya banjir. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan bentuklahan dan persepsi masyarakat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode interpolasi, skoring, dan skenario pembobotan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah penelitian berada pada kelas bahaya banjir sedang. Bahaya banjir kelas tinggi wilayah penelitian terdapat pada satuan bentuklahan dataran banjir, aliran sungai mati, dan dataran aluvial yang berasosiasi dengan saluran irigasi. Hasil penilaian kerentanan menunjukkan bahwa nilai indeks kerentanan lahan sawah padi tertinggi terdapat pada skenario pembobotan seimbang (equal) dengan nilai indeks 0-0,89. Nilai indeks kerentanan lahan sawah padi terendah pada skenario fase tanaman dengan nilai indeks 0-0,77. Tingkat kerentanan tertinggi terdapat pada lahan sawah yang berlokasi di satuan bentuklahan: dataran banjir dan dataran aluvial.
Journal article

Benefisiasi Bijih Besi Dengan Proses Froth Flotasi

Journal article

Benefisiasi Bijih Besi Dengan Proses Froth Flotasi

Read more articles