Recently Published
Most Viewed
Journal article

Implementasi Pancasila sebagai Dasar Filsafat dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

. State philosophy of Pancasila as the basis and foundation ideology of Indonesia, today in the era of reform has saved the nation from the threat of disintegration of Indonesia for more than fifty years. Indonesia is now the nation's political crisis, economic, social, cultural, defense and security so that development in all areas of life continues to face a dead end. Moral crisis as well as the impact or implications arising from the prolonged economic crisis. Society has lost its grip and orientation values or precepts contained in the breath of the philosophy of Pancasila, the consequences of life becomes tasteless, cruel, arid in the culture of poverty and spiritual dryness. Pancasila even spoofed to be asatire, ridicule and satire in a life full of paradox and rhetoric.
Journal article

Upaya Meningkatkan Mutu Hasil Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa inggris di sekolah sehingga dapat meningkatkan mutu hasil pengajaran. Metode penulisan menggunakan metode library research. Dapat hasil pembahasan dapat disimpulkan masih banyak kendala yang harus dihadapi dalam upaya meningkatkan mutu hasil pengajaran bahasa inggris di sekolah. Untuk itu perlu dilakukan beberapa hal diantaranya : (1) selalu pertahankan kemampuan kita bercakap-cakap dalam bahasa inggris agar kelancaran berbahasa tetap terjaga, (2) selalu menekankan fungsi dan aplikasi dari semua unsur tata bahasa yang kita terangkan kepada siswa, (3) diberikan tambahan kosa kata yang akan bermanfaat untuk percakapan sehari-hari kepada siswa pada siswa dan perkenalkan siswa dengan majalah-majalah remaja berbahasa inggris agar mereka menjadi gemar membaca dan memperoleh banyak tambahan kosa kata dari majalah tersebut dan (4) perlu dilakukan pengulangan materi yang kita berikan merupakan pendalaman mengenai apa yang sudah dipelajari siswa dan bukan hanya mengulang tetapi tidak membuat siswa semakin bisa menerapkannya.
Suggested For You
Journal article

Pengaruh Disiplin Keluarga terhadap Perilaku Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi

Pembinaan keteraturan hidup merupakan pendidikan yang dimulai pada diri sendiri yang akan membentuk watak dan sikap serta dapat memberikan nilai-nilai positif, sehingga tidak ada keinginan untuk menentang disiplin yang ada yang akhirnya menimbulkan kekacauan dan ketidakteraturan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Disiplin Keluarga Terhadap Perilaku Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak (random sampling) yakni keseluruhan karakteristik siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi yang berjumlah 38 orang.Penelitian ini adalah angket tertutup yang disusun berdasarkan skala likert yang terdiri dari 40 item soal dengan 4 opsi. Sebelum angket dijadikan sebagai instrumen dalam penelitian, terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa-siswi SMK Swasta Kristen Harapan Sejahtera Gunungsitoli Idanoi. Hasil dari validasi ini kemudian ditetapkan menjadi instrumen dalam penelitian.Setelah dilakukan penelitian dengan metode deskriptif (pendekatan kuantitatif) diperoleh jawaban atas permasalahan pokok tersebut diuraikan sebagai berikut. Pertama, dari hasil perhitungan uji validitas item angket no. 1 diperoleh rxy = 0,3307 dikonsultasikan pada tabel nilai kritik r product moment, untuk N = 38 pada taraf signifikan 5%, rtabel = 0,320 atau 0,3307 > 0,320, seterusnya untuk item no. 2 sampai 40 diperoleh rxy > rt (r hitung lebih besar dari r table). Kedua, hasil analisis pengujian reabilitas peneliti peroleh rii= 0,6887. Ketiga, koefisien koreasi sebesar = 0,7098. Keempat, dari hasil perhitungan pengujian hipotesis ditemukan bahwa thitung = 0,0461 dan selanjutnya dikonsultasikan pada tabel nilai kritik distribusi t pada taraf signifikan α = 0,05. ttabel untuk dk = 38 terletak diantara ttabel dk = 30 =1,697 dan ttabel dk=40 = 1,684; sehingga Co = 1,697; C1 = 1,684; Bo = 30; B1 = 40; dan B=36. Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dengan kata lain, Ha diterima, Ho ditolak.
Read more articles