Recently Published
Most Viewed
Journal article

Sistem Ekonomi Kapitalisme

Sistem ekonomi kapitalis adalah merupakan sebuah sistem organisasi ekonomi yang dicirikan oleh hak milik privat atas alat-alat produksi dan distribusi dan pemamfaatannya untuk mencapai laba dalam kondisi yang sangat komfetitif.kapitalisme ini hasil dari pemikiran Adam Smith,Smith adalah tokoh mazhab klasik di mana para ahli ekonomi dunia menilai bahwa pemikiran mazhab klasik merupakan dasar sistim ekonomi kapitalis. Doktrin yang diajarkan melalui bukunya “ the Welth Of nation “ menerangkan pilar-pilar dari kapitalisme dengan konsep “laissez faire” dan prinsif “the invisible hand”inilah yang menjadi pijakan dalam kerangka dasar teori system ekonomi kapitalis, yaitu tentang nilai barang dan jasa,struktur harga,yakni harga dalam area produksi,harga dalam menentukan komsumsi dan harga dalam metode menentukan produksi,dasar pemikiran teori Adam Smith mampu bertahan sampai terjadinya depressi ekonomi tahun 1929,pada saat itu J.M Keyness tampil dan berhasil mengungkapkan suatu teori bahwa system ekonomi yang baru dan lebih baik dapat dibangun,pemikiran Keynesian memerlukan adanya intervensi pemerintah dalam menentukan kebijakan ekonomi,ini merupakan awal jatuhnya system ekonomi kapitalis,akan tetapi waktu berjalan selama kurang lebih 30 tahun terjadi krisis minyak dunia tahun 1973, system ekonomi kapitalis kembali tampil dengan nama baru neoliberalisme.
Journal article

Kearifan Lokal Masyarakat Kaili di Sulawesi Tengah

Kearifan lokal merupakan warisan leluhur turun temurun mengandung nilai-nilai positif dannilai-nilai spritual untuk dijadikan pedoman dalam bersikap dan bertingkahlaku (pattern ofaction). masyarakat Kaili yang merupakan salah satu suku yang mendiami wilayah di SulawesiTengah juga memiliki seperangkat pengetahuan lokal yang merupakan pola dari budaya Kailiyang mereka wujudkan dalam kehidupan sehari-hari seperti padda pelestarian hutan,perairan danau Lindu, pantangan atau pemali dalam bertutur atau berucap, dan upacara adatlainnya. Keselarasan hidup yang terjabarkan dari kearifan lokal masyarakat Kaili apabiladijaga dan terus dipelihara keberlangsungannya maka akan senantiasa memberikankeseimbangan ikatan antara manusia dan alam. Demikian juga dengan tabu, pantangan ataupemali dan sanksi-sanksi terhadap berbagai pelanggaran dari kearifan lokal yang masihterjaga semuanya berorientasi kepada penjagaan kelestarian, keselarasan hubungan antaramanusia dan alam tempatnya bermukim.
Suggested For You
Journal article

Kajian Penyelesaian Konflik Antar Desa Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

Konflik antar desa di Kabupaten Sigi adalah sebuah fenomena konflik dengan nuansa yangunik, karena melibatkan masyarakat dari kelompok etnis dan agama yang sama, Kaili danIslam bahkan tidak jarang memiliki ikatan kekerabatan yang relatif dekat. Perbedaan yangmenonjol hanya wilayah administrasi dan batas wilayah suatu desa. Penelitian ini bertujuanuntuk menemukan akar konflik antar desa yang selama ini terjadi dan mengidentifikasikearifan lokal di Kabupaten Sigi yang dapat dijadikan sebagai media resolusi konflik sertaupaya membangun harmoni sosial masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalahkualitatif melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa konflik antardesa kebanyakan dipicu oleh persoalan sepele yang bersifatpersonal lalu berubah menjadi lebih komunal dengan menonjolkan identitas pembedaberdasarkan batas wilayah sehingga berubah menjadi konflik antardesa. Model penyelesaiankonflik antardesa dan antar kampung yang telah dikembangkan adalah dengan menggunakanpendekatan adat, di mana proses kesepakatan damai diikuti dengan penetapan sanksi adatyang akan diterapkan kepada pihak-pihak yang melanggar kesepakatan.
Read more articles