Recently Published
Most Viewed
Journal article

Konsep Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Bagi Generasi Milenial Berbasis Al-qur'an

Sikap moderat merupakan karakter yang harus tertanam bagi umat Islam di tengah keberagaman agama, suku dan ras di Indonesia, melalui Al-Qur'an sebagai sumber utama ilmu pengetahuan. Kajian ini ingin mengeksplorasi nilai-nilai moderasi yang terkandung dalam Al-Qur'an bagi kalangan milenial sebagai generasi penerus bangsa. Penelitian ini menggunakan metode library research, dimana data bersumber dari buku, artikel, laporan ilmiah yang relevan dengan rumusan masalah. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik deskriptif analysis. Kajian ini menunjukkan bahwa konsep moderasi beragama dalam Al-Qur'an dikembangkan melalui empat aspek, yaitu pesan adil, bersikap pertengahan, menjadi umat terbaik dan berwawasan keilmuan yang luas. Penelitian ini menyatakan pentingnya menerapkan sikap moderasi di tengah kemajemukan untuk terwujudnya kedamaian antar umat beragama. Melihat pembahasan ini yang hanya mengungkapkan nilai-nilai moderasi dalam Al-Qur'an, maka perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai pesan moderasi beragama dalam media sosial, dimana generasi milenial sebagai konsumen terbesar.
Journal article

Penerapan Manajemen Pendidikan Islam (Mpi) Menuju Sekolah Efektif

Tujuan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan berikut : Bagaimana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dapat meng-efektifitkan pendidikan ?, Bagaimana  Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dapat memenuhi harapan para stakeholder ?. Dengan mengaplikasikan pendekatan kajian pustaka (library research). Adapun metode penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif sebab dilakukan dengan menganalisa data melalui penelaahan yang dilakukan secara intensif, mendetail, dan komprehensif. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa : Pertama, pendidikan yang dikehendaki Islam yang efektif dan efisien  bertujuan mengembangkan seluruh potensi peserta didik menjadi ‘hamba Allah' yang sejati, yang berperilaku positif dan kontributif buat diri dan lingkungannya. Kedua, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) memenuhi harapan para stakeholder, sekolah mampu memfasilitasi proses pendidikan dengan cara menjalin kerjasama yang efektif dalam upaya mengembangkan proses pendidikan yang benar dan berkualitas.  Selain itu MPI memiliki misi ganda yaitu profit sekaligus sosial. Misi profit ini dapat dicapai dengan efektif dan efisien, untuk memperlancar operasional. Misi sosial untuk mewariskan dan menginternalisasikan nilai luhur. melalui modal human-capital dan social-capital yang memadai. melalui profesionalisme yang tinggi.   Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Akhlak Mulia, Efektif dan Efisien    
Journal article

Pengelolaan Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, dan Sosiologi

Journal article

Pelaksanaan Konsep Islam Rahmatan Lil ‘Alamin

Journal article

Pengelolaan Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, dan Sosiologi

Journal article

Pelaksanaan Konsep Islam Rahmatan Lil ‘Alamin

Suggested For You
Journal article

Studi Komparatif Tentang Wakaf Uang Menurut Imam Mawardi Dan Ibn Najim Al-mishri

Wakaf is one of the philanthropic institutions of Islam that can reliably support the social justice agenda, especially among the Islamic community. He is one way of using the treasures recommended by Allah SWT and Prophet Muhammad SAW, wakaf has been implemented since the time of the current Rosuluh with a wider form that is not only waqf in the form of non-asset but also wakaf in the form of money that is commonly known as waqf money / cash waqf. Therefore, the writer tries to eradicate the law in conveying the money of obedient scholars syafi'iyah and ulama hanafiah thus giving more understand to us about law and benefit of cash waqf.   Wakaf adalah salah satu lembaga filantropis Islam yang dapat dipercaya mendukung agenda keadilan sosial, terutama di kalangan masyarakat Islam. Ia adalah salah satu cara menggunakan harta yang direkomendasikan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, wakaf telah diterapkan sejak masa Rosuluh saat ini dengan bentuk yang lebih luas yaitu tidak hanya wakaf dalam bentuk non-aset tetapi juga wakaf dalam bentuk dari uang yang biasa dikenal dengan uang wakaf / wakaf tunai. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk memberantas hukum dalam menyampaikan uang para ulama syafi'iyah dan ulama hanafiah sehingga memberikan lebih banyak pemahaman kepada kita tentang hukum dan manfaat wakaf tunai.
Read more articles