Recently Published
Journal article

Pelatihan Penggunaan Game Edukatif dalam Pembelajaran pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Kota/Kabupaten Blitar

Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Pembuatan Rapor Bagi Guru PAUD di Kota Semarang

Pendirian Taman Baca Masyarakat Bumi Melayu sebagai Bentuk Literasi Masyarakat

Pendidikan Kesehatan Bahaya Cyberbullying pada Remaja di SMPN 5 Garut

Penanaman Nilai Karakter Islam melalui Dongeng pada Anak TPQ An-Nazar, Bengkulu

Journal article

Peran Software Akuntansi dalam Membantu Guru-Guru Akuntansi Menghadapi Era Industri 4.0

Journal article

Pelatihan Menulis Esai Pengalaman Mengajar di Masa Pandemi Covid-19

Journal article

Pelatihan Pembuatan Produk Sosis Analog dengan Bahan Baku Tempe dan Jamur Merang untuk Menunjang Ketahanan Pangan

Journal article

Peran Software Akuntansi dalam Membantu Guru-Guru Akuntansi Menghadapi Era Industri 4.0

Journal article

Pelatihan Menulis Esai Pengalaman Mengajar di Masa Pandemi Covid-19

Journal article

Pelatihan Pembuatan Produk Sosis Analog dengan Bahan Baku Tempe dan Jamur Merang untuk Menunjang Ketahanan Pangan

Most Viewed
Journal article

Peningkatan Kualitas dan Diversifikasi Produk Olahan Ikan Lele

Perkembangan USAha pembesaran lele dumbo di Boyolali telah diikuti berkembangnya industri UKM pengolahan aneka produk lele. Usaha ini berdampak pada berdirinya USAha pengolahan berbahan baku lele diantaranya KUBE Karmina dan KWT Ngudi Mulyo. Produk olahan yang telah diproduksi antara lain abon lele, aneka crispy dari kulit lele, sirip, tulang dan daging lele. Industri ini dapat sebagai pekerjaan ibu-ibu rumah tangga dan dapat menambah penghasilan keluarga di daerah tersebut. Dalam perkembangannya, kedua kelompok mengalami masalah yang sama dalam pengirisan/ perajangan kerupuk/ daging lele dan kendala pemasaran. Tujuan pengabdian ini memperbaiki proses produksi dalam mengembangkan USAha pengolahan lele agar produknya lebih baik dan perluasan jaringan pemasaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diintroduksikan meat slicer dan perluasan jaringan pemasaran melalui media cetak dan penjalinan kerjasama dengan warung makan dan toko oleh-oleh. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut adalah 1) hasil rajangan kerupuk sudah terstandar tetapi untuk keripik daging lele masih perlu perbaikan, 2) Perluasan jangkauan pemasaran mengarah pada rumah makan, 3) Terjadi peningkatan omset produksi maupun omset penjualan di masing-masing kelompok. Produk yang terstandar dapat menjamin kualitas sehingga kepercayaan konsumen terhadap produk semakin meningkat.
Journal article

Perencanaan Pembangunan Masjid Al-Ikhwan Kelurahan Karangayu, Semarang

Perencanaan pembangunan Masjid A-Ikhwan dilaksanakan untuk membantu masyarakat di lingkungan Kenconowungu Tengah, Kelurahan Karangayu Semarang agar renovasi atau pembangunan masjid baru di lingkungan Perumahan ini terbebas dari gangguan banjir serta rob. Dengan desain perencanaan dan perencangan yang baik secara arsitektural, diharapkan masjid ini akan menjadi kebanggaan warganya dan akan dapat menumbuhkan kembangkan kegiatan keagamaan dan peribadatan bagi seluruh warganya.
Suggested For You
Journal article

Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dusun Mrico Desa Lebak melalui Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa

Tujuan PKMM ini adalah memberikan pelatihan pengolahan tanaman singkong menjadi aneka makanan olahan yang bernilai ekonomi tinggi. Target kegiatan PKMM ini adalah memberikan pelatihan kepada ibu rumah tangga di Dusun Mrico Desa Lebak, Grobogan. Setelah diberikan pelatihan maka selanjutnya mereka akan melakukan praktek secara terbimbing dan dilakukan pendampingan USAha. Pelatihan dilakukan secara berkelompok dengan pendekatan andragogi. Materi pelatihan disajikan dengan lebih banyak praktek dari teori, dengan rasio perbandingan 30 % teori dan 70 % praktek. Pelaksanaan PKMM telah memberikan pengetahuan kepada peserta pelatihan tentang diversifikasi olahan singkong, pengemasan dan pelabelan, sertifikasi cara produksi pangan yang baik, tata letak produksi, kewirausahaan, perhitungan harga jual dan titik impas, serta materi praktek pengembangan produk yang meliputi pembuatan keripik singkong aneka rasa. Pengabdian berjalan dengan baik karena adanya koordinasi yang baik antara ketua tim PKMM dengan anggota tim PKMM dan juga komunikasi yang baik dengan pihak eksternal mitra untuk menjalin kerja sama yang berkelanjutan. Namun demikian, masih ada satu kendala yaitu mindset warga yang masih sulit berubah menjadi wirausaha. Oleh karena, untuk merubah mindset tersebut tim PKMM akan fokus di lokasi pelatihan dan memberikan pendampingan dalam pemasaran produk keripik singkong yang dihasilkan.
Journal article

Susu Kedelai sebagai Produk Kewirausahaan Pkk

Journal article

Susu Kedelai sebagai Produk Kewirausahaan Pkk

Journal article

IbM Peternak Lele Semarang Barat

Journal article

Peningkatan Kompetensi Bercerita Bagi Pendidik Paud Se-kecamatan Tembalang

Journal article

Penguatan Peran Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak melalui Seminar dan Pendampingan Masalah Keluarga

Read more articles
Take the red pill. Enhance your publishing experience.
This academic journal is powered by Neliti, a free website builder for academic content providers. Migrate your repository, journal or conference to Neliti now and discover a world of publishing opportunities. Migrate Now right-arrow-icon