Recently Published
Most Viewed
Journal article

Studi Tentang Hubungan Media Video Pembelajaran terhadap Perilaku Agresif dan Empati Anak Usia Dini

Merubah sikap perilaku agresif anak usia dini dan mengembangkan rasa empati anak merupakan usaha yang harus terus dilaksanakan oleh pendidik. Anak-anak memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyesuaikan tingkah lakunya dengan apa yang diamati di sekitarnya. Video pembelajaranbagi anak adalah sesuatu yang menyenangkan, merupakan kegiatan bermain ketika anak sedang menerima pembelajaran di kelas dan satu-satunya motif tujuan ini untuk mengembangkan pencapaian perkembangan terutama pada sosial emosional anak yang memiliki perilaku agresif dan menumbuhkan sikap empati sejak dini. Penelitian ini dilakukan pada PAUD di wilayah gugus 7 kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jumlah anak berusia 5-6 tahun  di gugus 7 sebanyak 118 anak. Desain penelitian menggunakan penelitian eksprimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Deskripsi data disajikan berupa data distribusi hasil kegiatan pemberian video pembelajaran dengan penerapan pemberian video pembelajaran. Hasil belajar perilaku agresif dan sikap empati: a) Diketahui hipotesis penelitian: Ho = tidak ada pengaruh perbedaan yang signifikan pada Hasil kegiatan Pemberian video pembelajaran   antara perilaku agresif dan sikap empati. H1 = ada pengaruh perbedaan yang signifikan pada hasil kegiatan pemberian video pembelajaran  antara perilaku agresif dan sikap empati. b) Hasil perhitungan uji mann whitney(z score)  sebesar -6,546 dengan nilai sig.(p) = 0.000. c) Kesimpulan: nilai sig.(p) t hitung (0.000) < 0.05 maka H1 diterima bahwa ada pengaruh perbedaan  yang signifikan pada hasil kegiatan pemberian video pembelajaran  antara perilaku agresif dan sikap empati (menggunakan metode pemberian video pembelajaran).
Journal article

Pengaruh Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B Tk Nurus Saadah Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember

Pendidikan anak usia dini merupakan wilayah pembahasan yang sangat luas dan semakin menarik.Cerita bergambar suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar yang tidak bergerak yang di susun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah jalinan cerita. Dengan cerita bergambar dapat merangsang perkembangan kecerdasan linguistik anak. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu adakah pengaruh cerita bergambar terhadap perkembangan kecerdasan linguistik anak. Bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh cerita bergambar terhadap perkembangan kecerdasan linguistik anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan sampel penelitian adalah anak kelompok B Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember yang berjumlah 20 anak terdiri 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sampel ini dipilih dengan cara populasi sampling, sengaja dipilih berdasarkan tujuan dan pertimbangan tertentu.Teknik pengumpulan data melalui dokumenter, observasi, tes . Dalam menganalisa data ini, sebagai variable bebasnya (variabel x) adalah cerita bergambar, sedangkan variable tergantungnya (variabel y) adalah perkembangan kecerdasan linguistik digunakan analisis Chi Kuadrat. Dari analisa data diketahui X2 hitung = 8,41. Sedangkan bila dilihat X2 tabel Chi Kuadrat dengan responden (N) = 20, dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 3,84. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja diterima yaitu Ada Pengaruh Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B di TK. Nurus Saadah Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.
Suggested For You
Journal article

Pengaruh Permainan Flash Card terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa Usia 4-6 Tahun di RA Ar-Ridlwan Ajung Jember Tahun Ajaran 2015/2016

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan orang tua dan sekolah dasar yang ingin anak atau siswanya untuk dapat membaca akan tetapi para pendidik dan orang tua masih banyak yang menggunakan cara atau metode yang memaksakan kepada anak sehingga anak tidak suka dengan pelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan membaca pada siswa usia 4-6 tahun di RA Ar-Ridlwan. Berdasarkan hasil analisis Chi-kuadrat menghasilkan X2 hitung = 5,85 lebih besar dari X2 tabel= 3,84 pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan membaca pada siswa usia 4-6 tahun di RA Ar-Ridlwan Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan permainan untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan membuat suasana yang menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas agar siswa merasa antusias ketika mengikuti pembelajaran.
Read more articles