Recently Published
Journal article

Peran Guru dalam Pembelajaran Home Visit di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran home visit di SD Negeri 25 Woja. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan di peroleh dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 25 Woja melaksanakan pembelajaran tatap muka berdasarkan Surat Edaran Bupati Dompu: Nomor 420/3495.UM/Dikbud tanggal 22 Juli 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada zona hijau dan kuning di masa pandemi Covid-19 (kondisi khusus). Adapun pada pengimplementasian home visit terdapat tiga tahapan yaitu: a) tahap persiapan, b) tahap pelaksanaan, dibagi menjadi 2 yaitu: tahap pelaksanaan kegiatan awal dan kegiatan lanjutan, c) tahap monitoring dan evaluasi pembelajaran, Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) pembelajaran home visit ini dilakukan berdasarkan instruksi Surat Edaran Bupati Dompu: Nomor 420/3495.UM/Dikbud tanggal 22 Juli 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada zona hijau dan kuning di masa pandemi Covid-19 (kondisi khusus). 2) pelaksanaan home visit terdapat tiga tahap yaitu: a) tahap persiapan b) tahap pelaksanaan terbagi menjai dua yaitu: tahap pelaksanaan kegiatan awal dan tahap pelaksanaan kegiatan lanjutan. c) tahap monitoring dan evaluasi pembelajaran
Journal article

Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Matakuliah Apresiasi Sastra

Telah dilakukan penelitian dengan judul efektivitas penggunaan buku ajar sastra lisan suku Mbojo untuk matakuliah apresiasi sastra. Tujuan penelitian ini yakni untuk menilai keefektivan sebuah buku ajar yang memandukan budaya lokal yang berfokus pada sebuah model pembelajaran yang kooperatif. Metode yang digunakan pada penelian ini adalah model pengembangan dari Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D Models (4-D). Hasil penilaian kelayakan oleh validator isi sebesar 80.72% (sangatlayak) dan validator media pembelajaran sebesar 91.51% (sangat layak). Uji efektivitas menunjukkan bahwa buku ajar tersebut efektif meningkatkan hasil belajar dibanding dengan buku ajar lain.
Most Viewed
Journal article

Kajian Konseptual Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Pada artikel ini memaparkan kajian isi jurnal dari beberapa hasil penelitian yang difokuskan pada model pembelajaran wors square. Hasil jurnal penelitian yang dianalisis berdasarkan hasil penelurusuran database jurnal online. Pada artikel ini jurnal yang dikaji berjumlah kurang lebih 10 jurnal nasional yang berfokus pada model pembelajaran word square. Hasil dari kajian konsep dari beberapa jurnal bahwa model word square merupakan pengembangan dari model pembelajaran ceramah. Peserta didik diharapkan bisa selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai dengan dirinya. Guru hanya berfungsi sebagai mediator, Fasilitor dan teman yang membuat situasi yang kondusif untuk terjadinya konstruksi pengetahuan pada diri peserta didik. Word Square ini akan memperkuat metode pembelajaran ceramah. Selain itu hasil kajian pada jurnal dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil penelitian word square juga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar.