Recently Published
Journal article

Pengembangan Aplikasi Kreasi Berbasis Local Wisdom untuk Siswa Kelas VII

Analisis Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Ditinjau dari Pebedaan Kemampuan Matematika

Analysis of Students' Critical Thinking Ability in Solving Fraction Problem at 7 Grade of Junior High School

Journal article

Proses Berpikir Kreatif dalam Penyelesaian Masalah Raven Test

Journal article

Pengaruh Kemandirian Belajar dan Regulasi Diri terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Journal article

Proses Berpikir Kreatif dalam Penyelesaian Masalah Raven Test

Journal article

Pengaruh Kemandirian Belajar dan Regulasi Diri terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Most Viewed
Journal article

Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika

­­­­­­­­­­­­­­­­Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika pada siswa MAN Yogyakarta I dan mengetahui kualitas dari multimedia interaktif tersebut berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan pembelajaran, serta berdasarkan penilaian teknis. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan ini dimulai dengan cara analisis Standar Isi dilanjutkan dengan pengumpulan referensi media kemudian penyusunan rancangan media, dan membuat multimedia interaktif. Multimedia interaktif yang telah dibuat dikonsultasikan dan dinilaikan kepada ahli materi & pembelajaran, ahli media, dan siswa kelas besar. Multimedia Interaktif ini memuat materi pokok Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat yang terdiri dari tujuh subbab, yaitu: Tokoh Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat, Sistem Persamaan Kuadrat dan Kuadrat, dan Video Contoh Pengerjaan Soal. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan multimedia interaktif matematika yang mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian ahli materi dan pembelajaran, ahli media, dan 32 siswa kelas X dengan skor 106,0313 dari skor maksimal 125, sedangkan persentase keidealannya adalah 84,825 %, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Journal article

Menumbuhkan Sikap Positif Dan Kreativitas Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Mahjong Trigonometri

Proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan guru di kelas menjadi persoalan menarik untuk didiskusikan. Pembelajaran diharapkan dapat menumbuhkan atau meningkatkan sikap positif dan kreativitas peserta didik. Hal ini penting mengingat sikap positif terhadap matematika akan berkorelasi positif dengan prestasi belajar matematika. Selain sikap positif, kreativitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung juga merupakan modal untuk membangun konsep matematika sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik. Dengan demikian, guru hendaknya dapat menyampaikan matematika dengan cara yang menyenangkan, mudah dipahami, dan tidak membosankan bagi peserta didik. Tujuan penulisan makalah ini ialah untuk mengetahui pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap positif dan kreativitas peserta didik melalui media pembelajaran.Metode yang digunakan berdasarkan studi kepustakaan. Permainan matematika yang menarik, dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang sangat memungkinkan mengubah citra matematika sebagai mata pelajaran yang kurang disenangi, menjadi pelajaran yang menantang dan disenangi oleh peserta didik. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah permainan matematika di dalam kelas dengan pemanfaatan media pembelajaran. Mahjong trigonometri merupakan permainan Mahjong yang dikombinasikan dengan materi trigonometri dalam pembelajaran matematika. Penggunaan media pembelajaran Mahjong Trigonometri secara efektif dalam pembelajaran, diharapkan dapat membantu menumbuhkan sikap positif dan kreativitas peserta didik.
Journal article

Analisis Butir Soal Matematika Pada Instrumen Uji Coba Materi Segitiga

Journal article

Menggunakan Contoh Dalam Pembuktian

Journal article

Analisis Butir Soal Matematika Pada Instrumen Uji Coba Materi Segitiga

Journal article

Menggunakan Contoh Dalam Pembuktian

Suggested For You
Journal article

Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Taman

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah pada materi aljabar siswa yang mendapat pembelajaran TGT dengan pendekatan saintifik; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat pembelajaran TGT dengan pendekatan saintifik dengan yang mendapat pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Taman. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling diperoleh dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan uji t dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat pembelajaran TGT dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada yang mendapat pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranTGT dengan pendekatan saintifik lebihefektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Taman pada materi aljabar.
Read more articles