Recently Published
Most Viewed
Journal article

Analisis Perubahan Konseptual Mahasiswa pada Materi Kimia Larutan melalui Penerapan Model Pembelajaran PS-Trilogi Berorientasi Kearifan Lokal

Jenis penelitian ini merupakan pre-experimental dengan One Group Pretest-Postest Design. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis Perubahan konseptual mahasiswa pada materi Kimia Larutan melalui penerapan model pembelajaran PS-TRILOGI berorientasi kearifan lokal. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang memprogramkan mata kuliah Kimia Dasar II pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAD. Teknik analisis konsepsi mahasiswa menggunakan Certainty of Response Index (CRI) berdasarkan pada suatu skala enam (0-5). Hasil analisis secara klasikal yang diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran PS-TRILOGI berorientasi kearifan lokal mampu mereduksi Miskonsepsi (MK) mahasiwa pada materi Kimia Larutan sebesar 12,2%; mampu meningkatkan Tahu Konsep (TK) mahasiswa  sebesar 26,9%; dan mampu mereduksi Tidak Tahu Konsep (TTK) mahasiswa sebesar 16,6%.
Journal article

Aplikasi MIP Poli Vinil Alkohol (PVA)-Fe3O4 dalam Pengembangan Sensor Diazinon dan Monosodium Glutamat

Molecularly Imprinted Polymer (MIP) dari poli vinil alkohol (PVA)-Fe3O4 telah dikembangkan sebagai reseptor pada sensor kimia untuk diazinon dan monosodium glutamat (MSG). MIP dibuat dari PVA menggunakan glutaraldehid sebagai crosslinker dan asam sitrat sebagai katalis. Reseptor adalah suatu template yang disesuaikan dengan sensornya; template diazinon untuk sensor diazinon dan template MSG untuk sensor MSG. Reseptor MIP PVA-Fe3O4 dilapiskan pada permukaan elektroda karbon tipe screen printed (SPE). Pada penelitian ini, telah dipelajari pengaruh asam sitrat dan glutaraldehid terhadap pembentukan MIP. Dipelajari juga pengaruh kadar diazinon dan MSG terhadap kinerja masing-masing sensor. Kadar diazinon dalam reseptor yang dipelajari adalah 0,01; 0,02; dan 0,03%, sedangkan kadar MSG adalah 0,5; 0,9; dan 4,5%. Berdasarkan spektrum FTIR, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada MIP PVA-glutaraldehid terdapat gugus fungsi C-O yang menunjukkan adanya ikatan silang antara PVA dan glutaraldehid; sedangkan pada MIP PVA-asam sitrat tidak menunjukkan adanya gugus fungsi tersebut. Kinerja sensor diazinon dan MSG dipengaruhi oleh kadar/jumlah template dalam reseptor. Kinerja optimum sensor dihasilkan pada membran reseptor masing-masing adalah diazinon 0,02 %, dan MSG 0,5 %. Kepekaan sensor diazinon adalah  33,8 mV/dekade pada pH 2, dalam buffer fosfat-KCl, rentang konsentrasi 10-5-10-12 M, dan waktu respon 150 detik. Kepekaan sensor MSG adalah 33,25 mV/dekade pada kisaran konsentrasi 10-5-10-1 M,  dalam pH 5 dan waktu respon 180 detik.
Journal article

Pengaruh Elektrolit terhadap Sinyal pada Sensor Pestisida

Journal article

Pengaruh Penambahan Oksidatoor pada Proses Pelindian Oksidatif Konsentrat Galena

Journal article

Pengaruh Elektrolit terhadap Sinyal pada Sensor Pestisida

Journal article

Pengaruh Penambahan Oksidatoor pada Proses Pelindian Oksidatif Konsentrat Galena

Suggested For You