Recently Published
Most Viewed
Journal article

Sistem Informasi Pengarsipan Bekas Penangan Perkara Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi

Kejaksaan Negeri Teluk Kuantan tidak terlepas dari penanganan berkas perkara untuk segera dilakukan penuntutan. Pada saat ini di Kejaksaan Negeri Teluk Kuantan penanganan berkas perkara dilakukan secara manual. Proses penanganan berkas perkara dimulai dari diterimanya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari penyidik oleh bagian sekretariat hanya diregistrasi pada buku besar, setelah itu SPDP diserahkan kepada Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (kasipidum) guna penunjukan jaksa, setelah penunjukan jaksa SPDP diberikan ke bagian prapenuntutan (pratut), di bagian pratut dibuatkan surat perintah penunjukan jaksa penuntut umum (P-16) dengan menggunakan microsoft word dan begitu seterusnya sampai dokumen itu masuk ke tahap II (tahap penuntutan). dengan adanya aplikasi pengarsipan berkas perkara ini dapat memudahkan dalam penyimpanan data tindak pidana umum, selain itu dalam pengolahan data tersimpan cukup baik dalam media penyimpanan database sehingga dalam pencarian data dan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan cepat.
Journal article

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Cabai Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android

Peningkatan hasil cabai tentu tidak terlepas dari produktifitas yang baik, peningkatan akan menurun jika banyak tanaman cabai yang terserang penyakit.  Selama ini untuk mengetahui penyakit tanaman cabai masyarakat atau orang awam hanya melihat  penyakitnya saja tanpa mengetahui terlebih dahulu gejala yang di alami. Dalam mengatasi hal tersebut dibutuhkan pakar yang mengerti tentang penyakit cabai. Untuk menjawab permasalahan itu akan di bangun sebuah aplikasi system pakar menggunakan android, system pakar dipakai disegala bidang salah satunya pada bidang tanaman pangan. Manfaat system pakar pada bidang tanaman pangan salah satunya adalah memudahkan petani dalam hal mendeteksi penyakit pada pada cabai  tanaman  sehingga petani  dapat  mengetahui  jenis  penyakit  dan cara penanganannya secara cepat tanpa harus menunggu tenaga ahli yang memiliki kompetensi dibidang itu.
Suggested For You
Journal article

Sistem Informasi Pemantauan Orang Asing Berbasis Web pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kuantan Singingi

Pemantauan terhadap orang asing yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi adalah salah satu tugas yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Pada Badan Kesatuan bangsa dan Politik system pendataan orang asing masih dilakukan dengan penginputan pada Microsoft excel, sehingga mengakibatkan informasi yang disajikan kurang efektif. Sistem informasi pendataan orang asing ini dirancang dengan menggunakan PHP dan MYSQL sebagai media penyimpanan database.Dimana program ini diharapkan bisa mempermudah sistem pendataan orang asing sehingga mampu meminilisasi kesalahan dalam penginputan data.
Read more articles