Recently Published
Most Viewed
Journal article

Implementasi BPJS terhadap Peserta JAMKESMAS di Puskesmas Kayamanya Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso

Penelitian ini dilaksanakan pada Puskesmas Kayamanya Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program BPJS di Puskesmas Kayamanya Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Teknik analisis data secara kualitatif dengan cara analisis konteks dari telaah pustaka dan analisis pernyataan dari hasil wawancara dari informan. Dalam Pengumpulan informasi melalui observasi dan wawancara. Hasil analisis menggambarkan bahwa implementasi program BPJS di Puskesmas Kayamanya Kecamatan Poso Kota tentang cakupan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal ini terutama terlihat dari ukuran dan tujuan kebijakan program BPJS yang kemudian dibandingkan dengan hasil di lapangan tujuan yang dikonsepsikan sudah sesuai dengan keadaan yang ada di masyarakat. Faktor pendorong terhadap implementasi program BPJS dalam hal komitmen pimpinan politik yang ada di Kabupaten Poso senantiasa memberikan jaminan perlindungan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Untuk kemampuan organisasi pada dasarnya program ini sudah membantu untuk membantu dan meringankan beban masyarakat dalam lingkup operasional kerja terutama dalam penyampaian program ke masyarakat. Untuk kerumitan yang melekat pada program itu sendiri bahwa petugas di Puskesmas Kayamanya mengaku sering bersitegang dengan para warga miskin yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dikarenakan proses ataupun prosedural dalam syarat-syarat administrasi yang ada.
Journal article

Fungsi Kepala Desa sebagai Mediator dalam Pelaksanaan Pembangunan di Desa Labuan Bajo Kecamatan Lage Kabupaten Poso

Tujuan penelitian adalah mengetahui fungsi kepala desa sebagai mediator dalam pelaksanaan pembangunan di desa labuan bajo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajiain data, dan penarikan kesimpulan. Kepala Desa sebagai Mediator belum melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, utamanya dalam penyelesaian Konflik. Faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi kepala desa sebagai mediator dalam meningkatkan pembangunan Desa di Desa Labuan Bajo Kecamatan Lage Kabupaten Poso yaitu belum optimalnya peran LPM dalam melibatkan masyarakat pada pelaksanaan Pembangunan Desa di Desa Labuan Bajo Kecamatan Lage Kabupaten Poso dan tidak adanya motivasi kerja.
Suggested For You
Journal article

Kajian Implementasi Prinsip Good Governance dalam Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Pamona Tenggara Kabupaten Poso

Penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh Aparatur Pemerintah Kecamatan Pamona Tenggara dalam berbagai sektor pelayanan terutama yang menyangkut pemenuhan hak–hak sipil dan kebutuhan dasar masyarakat masih belum seperti yang diharapkan. Pengaduan lainnya seperti menyangkut prosedur dan mekanisme kerja pelayanan yang berbelit–belit dalam pengurusan, tidak terbuka, kurang informatif, dan terbatasnya sarana dan prasarana pelayanan serta masih sering dijumpai praktek pungutan liar serta tindakan–tindakan yang berindikasi penyimpangan. sering terjadi tumpang tindih yang menyebabkan ketidakefisienan dalam pelaksanaan tugas, terjadi rangkap jabatan, juga pemborosan waktu dan dana, pertanggung jawaban pekerjaan yang seringkali terlambat dibuat, kurang mengutamakan kepentingan umum. dan kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Dari uraian di atas, ada dua prinsip dasar good governance yang dikaji dan diteliti dalam penelitian ini yaitu asas keterbukaan dan asas akuntabilitas pelayanan. Dimana, kedua asas ini menurut peneliti sangat relevan dengan situasi dan masalah yang sedang terjadi di Kantor Kecamatan Pamona Tenggara Kabupaten Poso, dan kedua asas ini telah mengakomodir prinsip-prinsip good governance yang lain.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Informan terdiri dari Camat, Sekretaris Kecamatan, Perangkat Kecamatan 4 orang, Sekretaris Desa yang ada di 4 Desa di Kecamatan Pamona Tenggara, Tokoh Masyarakat 8 orang, dan anggota masyarakat 4 orang. Data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata informan menjawab bahwa selama ini kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Pamona Tenggara ditinjau dari implementasi asas keterbukaan dan akuntabilitas pelayanan belum terealisasi dengan baik. Pegawai yang ada belum sepenuhnya dapat terbuka kepada masyarakat tentang informasi-informasi yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat serta tidak dapat merespons dengan baik setiap aspirasi dan pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat. Seksi-seksi dan Sub Bagian yang ada di Kantor Kecamatan Pamona Tenggara belum sepenuhnya mampu menyusun pelaporan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas dengan baik, dan masih terdapat pungutan-pungutan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh Pegawai kepada pimpinan maupun masyarakat.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi asas keterbukaan dan asas akuntabilitas pelayanan dalam kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Pamona Tenggara Kabupaten Poso belum berjalan dengan baik.
Read more articles