Recently Published
Journal article

Uji Histologi Udang Putih (Liptopenaeus Vannamei) Selama Penyimpanan pada Suhu Rendah

Journal article

Sebaran Daerah Penangkapan Pancing Ulur Ikan Tuna di Samudera Hindia

Journal article

Uji Histologi Udang Putih (Liptopenaeus Vannamei) Selama Penyimpanan pada Suhu Rendah

Journal article

Sebaran Daerah Penangkapan Pancing Ulur Ikan Tuna di Samudera Hindia

Most Viewed
Journal article

Analisa Produksi Budidaya Ikan Konsumsi Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Kecamatan Gandus Kota Palembang

Sumatera Selatan adalah salah satu wilayah yang sebagian besar merupakan perairan. Produksi perikanan di Sumatera Selatan untuk jenis USAha budidaya ikan air tawar di berbagai daerah berpotensi untuk dikembangkan termasuk di Kota Palembang. Sumbangan produksi perikanan dapat dihasilkan dari setiap daerah di wilayah propinsi Sumatera Selatan dengan potensi perairan umum yang luas, selain rawa juga dialiri oleh sungai Musi. Produksi perikanan yang banyak dibudidayakan adalah ikan lele, ikan nila, ikan gurame, ikan patin, dan ikan mas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar produksi budidaya ikan konsumsi Kelompok Budidaya Ikan (POKDAKAN) Kecamatan Gandus Kota Palembang. Waktu penelitian ini adalah pada bulan Juli – Agustus 2017 di 7 POKDAKAN yang berada di 3 Kelurahan, Kecamatan Gandus, Kota Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive random sampling. Analisa data menggunakan regresi linier sederhana dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Total produksi ikan dalam satu tahun adalah 89.200 kg yang terdiri dari 4 (empat) jenis ikan diantaranya ikan nila 8%, ikan patin 22 %, ikan lele, 62 %, dan ikan gurami 8 %. Untuk ikan nila, patin dan guramih hanya bisa 1 (satu) kali panen dalam setahun sementara ikan lele bisa sampai 3(tiga) kali panen. Hasil analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh jumlah anggota, umur pembudidaya, tingkat pendidikan, dan luas lahan yang digunakan terhadap jumlah produksi ikan didapatkan hanya umur yang berpengaruh nyata terhadap jumlah produksi ikan pada taraf 5%, sementara yang lain tidak berpengaruh nyata.
Journal article

Pertumbuhan Dan Kelansungan Hidup Ikan Patin Siam (Pangasius Hypophthalmus) Terhadap Salinitas Yang Berbeda

Ikan Patin Siam (Pangasius hypophthalmus) adalah salah satu komoditi ikan air tawar introduksi dari Thailand yang pesat perkembangan budidayanya di Indonesia. Disamping pertumbuhannya cepat, ikan ini memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi terhadap kondisi perairan yang ekstrim seperti kandungan oksigen terlarut (Discolve oxygen) dan pH yang rendah.Indikasi keberhasilan budidaya ikan salah satunya adalah tercapainya pertumbuhan ikan yang cepat serta tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. Dengan demikian produksi ikan pun akan tinggi. Untuk dapat mencapai hal tersebut, terdapat beberapa faktor yang perlu mendapat perhatian antara lain masalah penanganan kondisi lingkungan. Dalam hal ini faktor kualitas air, termasuk didalamnya salinitas.Penelitian ini dilaksanakan selama 30 hari pada bulan November – Desember 2015 di Kampus C Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri 5 taraf perlakuan dengan 3 kali ulangan.Perlakuan A (Salinitas 0 ppt), perlakuan B (salinitas 2 ppt), perlakuan C (salinitas 4 ppt), perlakuan D (salinitas 6 ppt), dan perlakuan E (salinitas 8 ppt). Hasil penelitian salinitas 4 ppt diperoleh berat tertinggi yaitu sebesar 2.78 g,sedangkan pada salinitas 2 ppt diperoleh panjang tertinggi yaitu sebesar 3.03 cm, berat dan panjang terendah terdapat pada perlakuan salinitas 8 ppt yaitu berat sebesar 1.57 g dan panjang sebesar 2.15 cm berbeda tidak nyata.Sedangkan untuk kelangsungan hidup tertinggi yaitu pada perlakuan salinitas 2 ppt sebesar 93,33%, dan untuk yang terendah pada perlakuan salinitas 8 ppt sebesar 20,00%. Nilai kualitas air tiap perlakuan yaitu suhu berkisar antara26 – 290C. Sedangkan pH 6,3 –7,4 untuk DO 3,22 – 4,01 dan Ammonia 0,14 –2,75.masih dalam batas toleransi untuk tumbuh dan berkembang Ikan Patin Siam.Kata Kunci : Ikan Patin Siam, Salinitas, Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup.
Journal article

Penggunaan Pupuk Organik Cair Hasil Fermentasi dari Azolla Pinnata terhadap Kepadatan Sel Spirulina SP

Journal article

Uji Toksisitas Ekstrak Akar Tuba (Derris Elleptica) Pada Ikan Nila Merah (Oreochromis SP)

Journal article

Penggunaan Pupuk Organik Cair Hasil Fermentasi dari Azolla Pinnata terhadap Kepadatan Sel Spirulina SP

Journal article

Uji Toksisitas Ekstrak Akar Tuba (Derris Elleptica) Pada Ikan Nila Merah (Oreochromis SP)

Suggested For You
Journal article

Pengaruh Pemberian Tepung Kulit Udang pada Pakan Komersil terhadap Tingkat Kecerahan Warna Ikan Komet (Carrasius Auratus)

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh pemberian tepung kulit udang pada pakan komersil terhadap tingkat kecerahan warna ikan komet (Carrasius auratus). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Produksi Benih dan Pakan Ikan. Rancangan percoban yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dimana terdiri dari 4 perlakuan 4 ulangan, A0 = 100% pakan komersil (Kontrol), A1 = Tepung kulit udang 10 gram/90 gram pakan komersil A2 = pakan Tepung kulit udang 20 gram/(80 gram) pakan komersil A3 = Tepung kulit udang 30 gram/(70 gram) pakan komersil. Hasil penelitian menunjukan bahawa pemberian tepung kulit udang berpengaruh nyata terhadap rasio konversi pakan dan yang terbaik A3= 1,85% benih ikan komet ( Carrasius auratus). Namun, pemberian tepung kulit pada pakan komersil tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat kecerahan warna ikan komet (Carrasius auratus). Semakin tinggi dosis pemberian tepung kulit udang dalam pakan menghasilkan tingkat kecerahan warna orange yang lebih tinggi.
Read more articles
Take the red pill. Enhance your publishing experience.
This academic journal is powered by Neliti, a free website builder for academic content providers. Migrate your repository, journal or conference to Neliti now and discover a world of publishing opportunities. Migrate Now right-arrow-icon