Recently Published
Most Viewed
Journal article

Pengaruh Revolusi Digital terhadap Pemasaran dan Perilaku Konsumen

Seiring berjalannya waktu, revolusi industri terus mengalami perkembangan. Kini, perindustrian dan manufaktur dunia telah menghadapi revolusi berikutnya yakni revolusi industri keempat atau revolusi digital. Era ini diwarnai oleh munculnya berbagai dan Perubahan yang terjadi dalam teknologi yang mengakibatkan dampak terhadap berbagai bidang, salah satunya adalah aspek pemasaran. Pemasaran saat ini sudah beralih dari konsep pemasaran tradisional menjadi pemasaran digital, dimana perdagangan atau trading sudah mencapai hitungan detik karena segala transaksinya dilakukan secara online dengan bantuan internet. Revolusi digital turut mengubah perilaku konsumen terhadap pemasaran. Perubahan perilaku konsumen tersebut terlihat dari cara mereka mencari, membayar, menggunakan hingga membuang barang-barang yang dibeli setelah dikonsumsi. Kebiasaan konsumen dalam mengkonsumsi media juga berubah drastis, dan hal ini yang mendorong para pemasar untuk membuat strategi-stragi dan berinovasi guna menemukan saluran alternatif yang lebih efektif untuk menarik konsumen.
Journal article

Media Cetak Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0

Dunia kini tengah menghadapi revolusi industri 4.0, sebuah era terobosan teknologi baru, yang mencakup bidang luas seperti kecerdasan buatan, robotika, internet of Things (IoT), kendaraan otonom, pencetakan 3D, nanoteknologi, bioteknologi, ilmu material, penyimpanan energi dan komputasi kuantum. Persaingan ekonomi dalam revolusi industri 4.0 berbeda dari periode sebelumnya. Agar tetap dapat bertahan menghadapi revolusi industri 4.0, baik Perusahaan maupun negara harus berada di perbatasan inovasi dalam segala bentuknya, yang berarti strategi yang terfokus pada pengurangan biaya akan kurang efektif dibandingkan dengan yang menawarkan produk dan layanan dengan cara yang lebih inovatif. Revolusi industri juga kini sudah merambah ke industri media cetak. Media cetak, kini perlahan-lahan mulai beranjak menuju digital dan memanfaatkan internet of things (IoT).
Journal article

Jingle Dunia Fantasi dalam Realita Analisis Wacana

Journal article

Strategi Komunikasi Krisis Tentang Pemberitaan Pertamina Jual Aset

Journal article

Trend Penggunaan Media Iklan Luar Ruang di Masa Pandemi Covid-19

Journal article

Jingle Dunia Fantasi dalam Realita Analisis Wacana

Journal article

Strategi Komunikasi Krisis Tentang Pemberitaan Pertamina Jual Aset

Journal article

Trend Penggunaan Media Iklan Luar Ruang di Masa Pandemi Covid-19

Journal article

Penguatan Nilai Nilai Pancasila sebagai Fondasi Etika Berkomunikasi pada Pembelajaran Online

Journal article

Upaya Komunikasi Publik Tim Pelaksana Harian Gugus Tugas Migrasi Sistem Televisi Terestrial Analog ke Digital

Journal article

Pendekatan Dramaturgi pada Penampilan Manajemen Impresi Abang None Jakarta

Suggested For You
Journal article

Konvergensi Surat Kabar Harian Riau Pos dalam Persaingan Media Siber

Konvergensi menjadi langkah mutlak bagi Surat Kabar Haraian Riau Pos untuk dapat mempertahankan eksistensi di tengah ketatnya persaingan media. Media massa harus berjalan beriringan dengan globalisasi dan internet untuk terus bertahan, apalagi di tengah pandemi yang memperparah badai industri media kini.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori Konvergensi Kontinum dari Daily, Demo, Spillman.Hasil penelitian menemukan, Riau Pos telah melaksanakan seluruh tahapan Konvergensi Kontinum.Cross Promotion, Clonning, Coopetition, dan Content Sharing yang dilakukan Riau Pos bersama-sama dengan media di bawah Riau Pos Grup (RPG) dan Perusahaan utama yakni Jawa Pos Group (JPG). Dasar dari pelaksanaan konvergensi ini adalah kolaborasi yang saling menonjolkan karakteristik masing-masing platform. Full convergence telah terlaksana meskipun belum sempurna, dengan pengimplementasian 3M yakni Multichannel, Multimedia, dan Multiplatform. Seluruh tahapan konvergensi inilah yang dimaksudkan dalam Teori Konvergensi Kontinum. Dalam mengatur tarif iklan, Riau Pos melakukan adaptasi tarif semenjak adanya website dan media sosial. Selain itu dilakukan pula strategi bina relasi dan seasonal promotion.
Read more articles