Recently Published
Most Viewed
Journal article

Implementasi Manajemen Risiko Sistem Informasi Menggunakan Cobit 5

Risiko merupakan kehilangan atau kerugian yang disebabkan karena adanya kelalaian, kesalahan manusia atau mesin, gangguan lingkungan, ancaman bahkan bencana alam di suatu lingkungan. Sistem informasi yang banyak dimanfaatkan organisasi dapat dipastikan memiliki risiko. Sehingga untuk mencapai tingkat keamanan dan Kenyamanan pemakaian sistem dan tekno;ogi informasi yang memadai diperlukan manajemen risiko. Bermacam kerangka kerja untuk melakukan manajemen risiko dapat dipilih, diantaranya adalah yang dikeluarkan oleh Asosiasi ISACA (Information System Auditor and Control Association) yaitu framework COBIT (Control Objectives for Information and Technology). COBIT 5 versi tahun 2013, menyediakan proses yang terstruktur dan memisahkan kegiatan manajemen  dan tata kelola ke dalam model referensi proses yang tersedia. Penelitian ini dibuat untuk mengimplementasikan salah satu kerangka kerja manajemen risiko system informasi dari COBIT 5 pada domain APO (Align, Plan, Organize) 12 dengan studi kasus Sitem Informasi Perpustakaan Digital/ Digital Library suatu Perguruan Tinggi di  Bandung. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan manajemen  risiko dengan salah satu kerangka kerja yang tersedia.
Journal article

Manajemen dan Kerangka Kerja Implementasi Rekayasa Proses Bisnis

Rekayasa Proses Bisnis (Business Process Reengineering) merupakan upaya yang paling mendasar untuk memikirkan kembali dan merancang ulang  suatu proses bisnis yang terjadi di Perusahaan, dan diharapkan dengan hal ini akan terjadi  suatu peningkatan yang besar dari kinerja Perusahaan. Rekayasa proses bisnis termasuk didalamnya berbagai Perubahan-Perubahan  yang diantaranya adalah Perubahan struktur bisnis, Perubahan proses bisnis,  dan faktor-faktor  lainnya seperti  teknologi, sumber daya manusia, serta hal-hal yang bersifat organisasional. Dalam jurnal ini, para pembaca akan diajak untuk berkenalan dengan Rekayasa Proses Bisnis  baik secara teori dan konsep, maupun contoh-contoh nyata yang terjadi di dalam dunia bisnis serta implementasinya dengan menerapkan suatu kerangka kerja langkah demi langkah. Diharapkan dengan implementasi rekayasa proses bisnis ini, maka Perusahaan dapat semakin baik dalam kinerjanya, semakin efektif, semakin efisien yang ditandai dengan hasil dan capaian (outcomes) Perusahaan yang semakin meningkat.
Suggested For You
Journal article

Data Mining Untuk Klasifikasi Dengan Algoritma Cart (Classification and Regression Trees)

Banyaknya data hasil keluaran dari sebuah sistem informasi dapat menumpuk tidak berguna selama bertahun-tahun, dapat menjadi informasi yang lebih bermakna dengan menggunakan data mining. Data mining merupakan proses mengekstrak sekumpulan data yang dapat menambah nilai informasi berdasarkan keteraturan atau kecenderungan pola tertentu.Salah satu teknik proses pada data mining adalah klasifikasi. Klasifikasi bertujuan untuk mengelompokkan kumpulan data berdasarkan pola atau kriteria tertentu sesuai dengan kebutuhan. Algoritma CART (Classification And Regression Trees) mengelompokkan data dengan cara membagi dua (biner) sehingga menghasilkan sebuah pohon keputusan.
Read more articles
Take the red pill. Enhance your publishing experience.
This academic journal is powered by Neliti, a free website builder for academic content providers. Migrate your repository, journal or conference to Neliti now and discover a world of publishing opportunities. Migrate Now right-arrow-icon