Recently Published
Journal article

Pembentukan Kelompok secara Daring di Indonesia: Fenomena Sobat Ambyar

Sobat Ambyar merupakan salah satu fenomena yang sangat menarik mengingat kelompok fans biasanya terbentuk sejak awal seorang artis tersebut tenar. Berbeda dengan kelompok fans lain, Sobat Ambyar muncul ketika ada momen khusus yang meledak dengan salah satu konser dan menjadi viral dimedia sosial. Selain itu, Sobat Ambyar merupakan identitas yang melekat pada seseorang, terlepat dia tergabung dalam komunitas atau tidak. Maka, untuk melihat perbedaan dan bagaimana individu-individu mengidentifikasikan dirinya sebagai Sobat Ambyar dan melekatkan identitas tersebut pada diri mereka, maka penelitian ini dilaksanakan, terlebih istilah Sobat Ambyar merupakan identitas yang muncul dari media sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan melakukan wawancara terhadap inisiator Sobat Ambyar, ketua Sobat Ambyar Jakarta (SAJ), dan Komandan Sobat Ambyar. Hasil penelitian mengindikasikan inisiasi kelompok, tata nilai, pengakuan anggota, dan struktur yang berbeda, serta beberapa hal lain sedikit berbeda dimana SAJ memiliki tata kelola yang lebih terstruktur dan sedikit lebih kompleks dibandingkan kelompok Sobat Ambyar yang ada di Solo sebagai pusat. Hal ini dikarenakan latar belakang dan dinamika organisasi yang juga lebih kompleks.
Journal article

Metode Role Play terhadap Kepercayaan Diri Siswa

Journal article

Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP NU Al-Fudloli

Most Viewed
Journal article

Empati dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler terhadap Siswa ABK

Banyak terjadi kasus penolakan siswa reguler terhadap siswa ABK dengan alasan perbedaan dan keterbatasan yang dimilikinya. Siswa reguler belum mampu memahami keadaan siswa ABK dengan segala keterbatasannya, mereka memandang siswa ABK dengan kacamata mereka sebagai siswa normal, tanpa mencoba membayangkan bagaimana jika mereka yang berada di posisi siswa ABK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan empati dan penerimaan diri siswa reguler terhadap siswa ABK di kelas inklusif SD Inklusif Ulil Albab Kepanjen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunkan teknik analisis data korelasi product moment. Sampel penelitian ini berjumlah 53 siswa reguler, dimana subjek merupakan siswa reguler yang kebetulan ditemui dan cocok sebagai sumber data. Terdapat dua alat ukur yang digunakan adalah (1) skala empati dan (2) skala penerimaan sosial.Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa hipotesis peneiltian ini diterima. Hal ini menandakan empati berkorelasi positif dengan penerimaan sosial. Sehingga semakin tinggi tingkat empati maka semakin tinggi pula tingkat penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa ABK di kelas inklusif  SD Inklusif Ulil Albab.
Journal article

Pengendalian Diri pada Penderita OCD

Self-control is the ability to control / hold or limit one's emotions and behavior. Whereas OCD is synonymous with sedentary thoughts and repeated repetitive behavior. So that self-control can help people with OCD in carrying out daily activities. This study aims to determine how self-control in patients with Obsessive Compulsive Disorder (OCD). The subjects in this study were three people. Because of the specifics of the subject, the researchers used a qualitative method with a case study approach. The instruments in this study used passive participation observation, semi-structured interviews and documentation studies. The results of this study indicate that differences in the characteristics of OCD sufferers experienced lead to different behavior and self-control. And every self-control can be categorized into several aspects of self-control. As for the three aspects of self control that are commonly carried out by the subject are behavioral control aspects. Where the subjects in this study, are better able to control the disturbance by modifying an unpleasant situation into something that can still be done. This also relates to the level of intelligence above the average of each subject at the time of examination.
Journal article

Efikasi Diri dan Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD Terkait Kecemasan Berbicara di Depan Umum

Journal article

Persepsi Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah terhadap Minat Siswa Berkonsultasi

Journal article

Keberagaman Etnik dan Hasil Kerjasama Kelompok

Journal article

Efikasi Diri dan Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD Terkait Kecemasan Berbicara di Depan Umum

Journal article

Persepsi Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah terhadap Minat Siswa Berkonsultasi

Journal article

Keberagaman Etnik dan Hasil Kerjasama Kelompok

Suggested For You
Journal article

Regulasi Emosi terhadap Resiliensi Atlet Pencak Silat

Journal article

Penalaran Remaja Laki-laki Ketika Memutuskan Kawin Dini

Journal article

Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Tingkat Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi