Recently Published
Journal article

Meningkatkan Kemampuan Menulis Iklan Baris dan Sikap Kemandirian Menggunakan Media Iklan Kodek (Koran Lombok Post) pada Pembelajaran Berbasis Teks Kelas VIII SMPN 1 Selong Tahun 2018/2019

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis iklan baris dan sikap kemandirian dengan menggunakan media iklan kodek pada siswa kelas VIII SMPN 1 Selong tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) Observasi dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah berupa tes dan pedoman observasi. Keberhasilan tindakan ditentukan dengan melihat peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis iklan baris pada siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata menulis iklan baris pada siklus I sebesar 75 menjadi 81 pada siklus II, skor sikap mandiri 76 pada siklus I, menjadi 88 pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan penggunaan media iklan kodek dapat meningkatkan kemampuan menulis iklan baris dan sikap kemandirian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Selong Tahun Pelajaran 2018/2019.
Journal article

Relasi Makna dalam Lirik Lagu Perjuangan Nahdlatul Wathan Karya TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid (Kajian Semantik)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relasi semantik kata dalam Lirik Lagu Perjuangan Nahdlatul Wathan Karya TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid dengan kajian semantik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata yang mengandung relasi semantik dalam Lirik Lagu Perjuangan Nahdlatul Wathan Karya TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid dengan kajian semantik. Sumber data dalam penelitian ini adalah Lirik Lagu Perjuangan Nahdlatul Wathan yang diciptakan oleh TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, dan studi dokumenter. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam Lirik Lagu Perjuangan Nahdlatul Wathan Karya TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid terdapat sinonim, antonim, homonim, hiponim, redudansi dan polisemi. Setiap relasi memiliki makna yang dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan bermasyarakat. Lagu-lagu tersebut berisikan tentang ajaran dan nasihat-nasihat, bahwa sebagai orang muslim harus menjaga, memperkuat iman dan taqwa kepada Allah. Selain itu, sebagi warga Nahdlatul Wathan harus mengajak untuk menumbuhkan semangat keimanan dan ketaqwaan sebagai penunjang untuk membentuk semangat keberagaman dan kebangsaan.
Most Viewed
Journal article

Pengembangan Perangkat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Android sebagai Media Penguatan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Bangsa Indonesia saat ini sedang krisis kebahasaan. Krisis kebahasaan ini tentunya harus segera disikapi dengan bijak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, merancang, dan menentukan keefetifan aplikasi uji kemahiran berbahasa Indonesia berbasis android sebagai media penguatan pembelajaran bahasa Indonesia. Teori yang digunakan adalah media pembelajaran, android, pemeringkatan UKBI, materi UKBI. Metode yang digunakan yaitu research and development. Data yang dianalisis ini adalah (1) informasi tentang tingkat kebutuhan produk, (2) materi uji kemahiran berbahasa Indonesia, (3) hasil penilaian ahli, dan (4) data uji keefektifan atau uji coba terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan (1) kuesioner analisis kebutuhan, (2) instrumen uji ahli, (3) instrumen uji terbatas. Hasil penelitian yaitu aspek tampilan dan layout media perangkat uji kemahiran berbahasa Indonesia berbasis aplikasi android sebagai media penguatan pembelajaran memperoleh skor rata-rata 79. Aspek isi dan keefektifan perangkat uji kemahiran berbahasa Indonesia berbasis aplikasi android sebagai media penguatan pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh skor rata-rata 83,3 berkategori sangat baik.
Journal article

Transliterasi, Serapan, dan Padanan Kata: Upaya Pemutakhiran Istilah dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memiliki varian pembentukan kata sebagai upaya pemutakhiran kosakatanya. Akan tetapi, tidak banyak masyarakat pengguna bahasa yang mengetahui adanya istilah transliterasi, serapan dan padanan kata di dalam bahasa Indonesia. Hal ini membuat suatu kata diterima tanpa diketahui bentuk kata aslinya. Tujuan penulisan artikel ini untuk memaparkan kosakata yang ditulis dalam bentuk transliterasi, serapan, dan juga padanan kata di dalam bahasa Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan memfokuskan pada teks yang dijadikan objek kajian. Hasil temuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu adanya kosakata dalam bentuk transliterasi, serapan, dan padanan yang sering digunakan dalam komunikasi. Peneliti memberikan penjelasan mengenai suatu kata yang termasuk ke dalam transliterasi, serapan, dan padanan.
Suggested For You
Journal article

Analisis Tindak Tutur pada Wawancara Putra Nababan dan Presiden Portugal (Kajian Pragmatik)

Penelitian mini ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud tindak tutur berupa lokusi, ilokusi, dan perlokusi yang terdapat dalam wawancara wartawan RCTI, Putra Nababan dengan Presiden Portugal, Antonio Cavaco Silva. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian mini ini adalah metode deskriptifkualitatif. Adapun sumber data diperoleh dari kutipan wawancara antara wartawan RCTI, Putra Nababan dengan Presiden Portugal, Antonio Cavaco Silva. Dalam pengumpulan data, penenliti menggunakan teknik simak, rekam dan catat. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa dalam wawancara wawancara antara wartawan RCTI, Putra Nababan dengan Presiden Portugal, Antonio Cavaco Silva terdapat tindak ilokusi dengan jenis asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklarasi.
Journal article

Cerita Rakyat sebagai Sarana Pendidikan Karakter dalam Membangun Generasi Literat

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terdapat pada cerita rakyat Tan Nunggal dan Bujang Nadi Dare Nandong di kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Cerita rakyat Tan Nunggal dan Bujang Nadi Dare Nandong hidup dan berkembang dalam masyarakat Sambas. Melaui cerita rakyat pemerolehan informasi berdasarkan budaya lisan mampu menciptakan generasi literat. Kepekaan dan daya kritis di lingkungan sekitar lebih diutamakan sebagai jembatan menuju generasi literat, yaitu generasi yang memiliki ketrampilan berpikir kritis terhadap segala informasi untuk mencegah reaksi yang bersifat emosional. Budaya inilah yang nampaknya belum dimiliki sebagian besar masyarakat Indonesia. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yaitu dengan langkah-langkah, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Peneliti mengunakan pendekatan hermeneutik.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Hasil penelitian menemukan adanya nilai agama, nilai sosial, dan nilai moral pada cerita rakyat Tan Nunggal dan Bujang Nadi Dare Nandong.