Recently Published
Journal article

Implementasi Nilai Luhur Budaya Indonesia dalam Pengelolaan Konservasi Sumberdaya Perikanan Berbasis Masyarakat

Laut Indonesia merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, sementara itu terumbu karang Indonesia merupakan pusat dari segitiga terumbu karang dunia. Namun,  meningkatnya jumlah penduduk serta faktor-faktor ekonomi lain, menyebabkan tekanan terhadap sumberdaya alam  laut dan ekosistemnya semakin meningkat pula yang berpengaruh pada menurunnya produktivitas dan keanekaragaman sumberdaya hayati tersebut. Sehubungan dengan hal itu, upaya pengelolaan lingkungan dan konservasi sumberdaya pesisir dan laut merupakan langkah yang penting dan  strategis. Deparetemen Kelautan dan Perikanan mengklaim bahwa Luas Kawasan Konservasi Laut Indonesia pada awal Tahun 2005 memiliki luas ± 7.227.757,26 Ha atau 7,2 Km2 pada 75 kawasan konservasi. Lalu bagaimana posisi dan peran serta masyarakat di sekitar kawasan tersebut, apakah masyarakat menjadi penghalang bagi keberlanjutan kawasan konservasi? atau apakah mungkin, masyarakat justru dapat diharapkan memiliki peran aktif dalam pelestarian dan pengelolaan kawasan konservasi?. Berbagai contoh pengelolaan sumberdaya laut berbasis masyarakat berdasarkan hukum adat (kearifan lokal) di berbagai daerah di Indonesia yang secara tidak disadari justru menerapkan kaidah-kaidah konservasi mungkin merupakan gambaran bahwa konservasi laut berbasis masyarakat (comunity based management) atau kolaborasi dengan pemerintah (co-management) merupakan sesuatu yang sangat mungkin dikembangkan.
Journal article

Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN Model Terpadu Bojonegoro

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap motivasi belajar siswa SMPN Model Terpadu Bojonegoro.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Tempat penelitian yang dituju ialah SMPN Model Terpadu Bojonegoro. Waktu penelitian dimulai peneliti pada tahun ajaran baru yaitu pada bulan Juni-Agustus 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa-siswi atau 20% dari populasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan instrumen penelitian menggunakan angket. Analisis regresi linier sederhana ini didasarkan pada hubungan fungsional ataupun klausal variabel independen dengan variabel dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung sebesar 1,057458536 yang lebih kecil dari t tabel dengan nilai α= 5% yaitu sebesar 1,6614 maka karena lebih kecil dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar
Most Viewed
Journal article

Rancangan Aktualisasi yang Inovatif, Efektif dan Sustainable pada Pelatihan Dasar ( LATSAR) CPNS

Agenda Rancangan Aktualisasi  pada latihan dasar (Latsar) bagi calon pegawai negeri Sipil adalah sebuah kompetensi yang harus dikuasai oleh CPNS  setelah mengikuti serangkaian mata diklat mulai dari agenda orientasi, sikap dan perilaku bela negara,  nilai-nilai dasar,  kedudukan dan peran PNS dalam negeri dan habituasi.  Sebagai Sebuah kompetensi  yang haris dikuasai oleh peserta Latsar CPNS, maka agenda Rancangan Aktualusasi ini akan melatih seorang CPNS untuk menemu kenali berbagai issue-issue aktual yang menjadi permasalahan dalam lingkup kerjanya dengan menggunakan pisau analisis sederhana seperti metode USG ( Urgency, Strength , Growth) dan APKL ( Aktual, Problematik, Khalayak dan Layak ) dan mencarikan solusi pemecahan masalah dalam meningkatkan mutu pelayanan publik yang diselenggarakan oleh unit kerja atau organisasi tempat CPNS tersebut bertugas  Keseluran rangkaian pelaksanaan rancangan Aktualisasi sampai pada pelaksanaan Aktualisasi kegiatan penyelesaian issue tersebut haruslah menekankan prinsip nilai dasar seorang Aparatur Sipil negara yaitu akuntabilitas, nasionalime, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi ( ANEKA) sehinga hasil Aktualusasi tersebut mampu meningkatkan mutu layanan publik dan meningkatkan kepuasan masyarakat. Indikator Keberhasilan dari sebuah Rancangan Aktualusasi menjadi Kegiatan Aktualisasi terletak pada kemampuan menemukan issue strategis,  pemecahan masalah yang kreatif , inovatif dan susteinable yang dilandasi oleh nilai-nilai dasar ASN sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan publik dan citra organisasi.