Recently Published

Fabrikasi Transformator Step-up 1-kV Fasa Tunggal untuk Generator Pemicu Transduser Ultrasonik

Sistem Monitoring Suhu dan Kelembapan secara Nirkabel pada Budidaya Tanaman Hidroponik

Kajian Aspek Ergonomi pada Laboratorium Komputer untuk Meningkatkan Kenyamanan Belajar Siswa

Analisis Korosi Retak Tegangan pada Pipa Baja Karbon dalam Larutan Asam dan Sweet Gas

Most Viewed
Journal article

Penerapan Data Mining dengan Memanfaatkan Metode Association Rule untuk Promosi Produk

Dalam suatu bisnis diperlukan upaya memaksimalkan keuntungan diantaranya dengan melakukan promosi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk seperti dengan cara online dengan memanfaatkan media sosial Facebook dan situs-situs yang menyediakan iklan. Namun demikian, untuk memperoleh hasil yang maksimal maka perlu dilakukan perhitungan seberapa besar kemungkinan pelanggan akan tertarik terhadap produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan data mining untuk promosi produk Distro Nasional. Dalam bidang keilmuan data mining, terdapat suatu metode yang dinamakan association rule. Metode ini bertujuan untuk menunjukkan nilai asosiatif antara jenis-jenis produk yang dibeli oleh pelanggan sehingga terlihatlah suatu pola berupa produk apa saja yang sering dibeli oleh palanggan tersebut. Dengan mengetahui jenis produk yang sering dibeli maka dapat dibuat sebagai sebuah dasar keputusan untuk menentukan produk apa saja yang cocok untuk dipromosikan kepada pelanggan tersebut. Algoritma Apriori juga akan dipergunakan untuk menentukan frequent itemset sehingga hasil akhir yang dicapai yaitu untuk menghitung persentase ketertarikan (confindence) pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.
Journal article

Aplikasi E-Futsal dengan Metode Mobile-GIS dan GPS Berbasis Android

Futsal menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh berbagai kalangan usia di hampir seluruh wilayah di Indonesia, salah satunya di Kota Sukabumi. Dengan banyaknya peminat jenis olahraga ini, maka USAha penyewaan lapangan futsal menjadi suatu bisnis yang menjanjikan. Akan tetapi, kurangnya sistem informasi mengenai tempat penyewaan dan pemesanan lapangan futsal menjadi salah satu permasalahan yang mungkin perlu diatasi. Pada penelitian ini, akan dirancang sebuah aplikasi E-Futsal berbasis sistem operasi Android dengan memanfaatkan teknologi mobile Geographical Information System (GIS). Aplikasi ini dirancang menggunakan CodeIgniter 3.1.3 dengan format data JSON yang support dengan sistem operasi Android. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi teknologi Global Position System (GPS) untuk mempermudah pengguna dalam pencarian tempat penyewaan lapangan futsal. Hasil dari penelitian ini berupa platform aplikasi yang dapat diakses melalui website dan smartphone Android. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pelaku USAha penyewaan lapangan futsal dan para pengguna olahraga futsal khususnya di wilayah Kota Sukabumi.
Journal article

Penerapan Konsep Just In TIME pada Proyek Renovasi Gedung CITIE/CIBE/CADL ITB

Journal article

Perancangan dan Realisasi Anemometer Digital untuk Aplikasi Sistem Peringatan Dini

Journal article

Desain dan Purwarupa Fuzzy Logic Control untuk Pengendalian Suhu Ruangan

Journal article

Penerapan Konsep Just In TIME pada Proyek Renovasi Gedung CITIE/CIBE/CADL ITB

Journal article

Perancangan dan Realisasi Anemometer Digital untuk Aplikasi Sistem Peringatan Dini

Journal article

Desain dan Purwarupa Fuzzy Logic Control untuk Pengendalian Suhu Ruangan

Journal article

Sistem Anti Maling untuk Rumah Tinggal Menggunakan IoT Bluemix

Journal article

Aplikasi Arduino-Android untuk Sistem Keamanan Sepeda Motor

Suggested For You
Journal article

Desain Gating System dan Parameter Proses Pengecoran untuk Mengatasi Cacat Rongga Poros Engkol

Teknologi pengecoran logam merupakan salah satu metode yang sering digunakan dalam sektor industri pengolahan logam. Pada proses pengecoran poros engkol menggunakan besi cor nodular (FCD 700) juga terkadang timbul cacat pengecoran, salah satunya adalah cacat penyusutan (macro shrinkage). Cacat penyusutan terjadi karena rongga atau lubang yang terbentuk akibat pengecilan volume ketika logam mengalami pembekuan. Pada saat proses pembekuan logam, tiap bagian coran yang berbeda bentuknya atau dimensinya memiliki kecepatan pembekuan yang berlainan. Pada umumnya, cacat penyusutan terjadi pada bagian yang paling tebal dengan laju pembekuan yang paling lambat dan daerah cacat biasanya dikelilingi oleh krital-kristal dendrite yang terjadi pada saat pembekuan logam. Salah satu solusi untuk mendapatkan produk poros engkol yang bebas dari cacat penyusutan adalah dengan melakukan optimasi desain gating system. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain yang dibuat masih menghasilkan cacat berupa rongga penyusutan. Hal ini terjadi karena belum optimalnya desain sistem saluran yang telah digunakan.
Read more articles