Recently Published
Journal article

Konsep Pendidikan Anak dalam Perspektif Ibnu Hajar Al-haitami (Ragam Eksplorasi Kitab Tahrīru Al-maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā'idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū Al-aṭfāl)

Menurut Ibnu Hajar al-Haitami tujuan pendidikan anak-anak adalah merawat, mengembangkan, dan memaksimalkan potensi peserta didik dalam memahami kitabulloh, berakhlak mulia, dan hidup mandiri. Dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan tersebut Ibnu Hajar al-Haitami menulis sebuah kitab yang secara khusus mengulas seluk beluk tujuan pendidikan, aliran pendidikan, kompetensi pendidik, teknik pendidikan anak, biaya pendidikan, dan karakteristik lembaga pendidikan anak. Keenam komponen tersebut oleh Ibnu Hajar al-Haitami di ketengahkan dalam buku Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā'idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfāl. Ruang lingkup penelitian ini adalah enam aspek pendidikan yang termaktub dalam kitab Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā'idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfā, menggunakan teknik penelitian deskriptif content anaylisis, jenis penelitian pustaka, dan memakai pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer adalah Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā'idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfāl sedangkan data sekundernya adalah berbagai kitab yang membahas biografi Ibnu Hajar al-Haitami. Sedangkan prosedur penelitian dilakukan melalui tiga tahap: pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tujuan pendidikan anak i terpusat pada potensi materiall dan non material peserta didik; (2) aliran pendidikan anak menggunakan aliran agamis-konserfativ; (3) teknik pendidikan yang paling banyak menyita Ibnu Hajar adalah teknik takzir; (4) kompetensi pendidik yang paling utama adalah kompetensi personal dan sosial; (5) pembiayan pendidikan dapat diperoleh dari tiga faktor: gaji, wakaf, dan hibbah; dan (6) lembaga pendidikan berupa maktab dan madrosah.
Most Viewed
Journal article

Problematika Pendidikan Pondok Pesantren di Era Globalisasi

Pesantren sejatinya adalah tempat penyiaran Agama dan pendidikan tertua di Indonesia walaupun sekarang kepercayaan masarakat sudah mulai berkurang .dan untuk mempertahan kiprah pesantren di zaman modern ini pesantren harus melakukan Perubahan dalam menghadapi kemajuan zaman.Untuk mewujudkan hal di atas memang tidak mudah. Akan tetapi dimana ada kemauan pasti adajalan. Salah satu USAha pondok pesantren dalam menghadapi era globalisai dan kemajuan teknologi ialah dengan menggunakan sistem terpadu yaitu dengan memadukan pendidikan Agama, pendidikan Umum, meberikan keterampilan-keterampilan dan pelatihan agar lulusannya siap pakai dan mandiri juga mempunyai bekal untuk menghadapi kehidupan dunia dan ahirat.Kata kunci; Problematika, Pendidikan Pondok Pesantren, Globalisasi
Journal article

Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj) Terhadaptingkat Kebugaran Siswa Kelas V di Min Donomulyo Kabupaten Malang

Kebugaran jasmani peserta didik merupakan aspek penting yang dapat meningkatkan mobilitas dalam meraih prestasi akademik secara maksimal. Upaya meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik dapat melalui berbagai aktifitas fisik yang salah satunya adalah kegiatan SKJ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh latihan SKJ terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan tentang kebugaran jasmani melalui SKJ. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode eksperimental, sementara treatment yang dilakukan adalah 3 kali dalam seminggu. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan terhadap latihan senam kebugaran jasmani 3 kali seminggu terdapat peningkatan kebugaran jasmani pada siswa kelas 5 di MIN Donomulyo Kabupaten Malang.
Suggested For You