Recently Published
Most Viewed
Journal article

Dimensi Lain Ilmu Nahwu (Kajian Tasawuf terhadap Matan Al-ajurumiyyah)

Tulisan ini berjudul “Dimensi Lain Ilmu Nahwu (Kajian Tasawuf Terhadap Matan Al-Ajurumiyyah)” merupakan sebuah kajian tasawuf terhadap kitab nahwu dasar Matan alAjurumiyyah yang memuat dasar-dasar ilmu nahwu (linguistic bahasa Arab). Kajian ini merupakan kajian pustaka yang bertujuan untuk menemukan pesan-pesan tasawuf yang -menurut hemat penulis - terdapat di dalamnya, baik dari urutan penyajian bab demi bab maupun penggunaan istilah-istilah. Adapun metode pengkajian yang digunakan adalah analisis kata-kata ditinjau dari sisi makna yang kemudian dirangkaikan dengan lainnya yang tentu sekali bersandar pada apa yang telah dilakukan banyak ulama meskipun metode ini jarang sekali ditemukan. Bahkan cara ini ditemukan dalam Sunnah Rasulullah saw. Hasil daripada kajian ini adalah menemukan pesan-pesan tasawuf terutama sekali mengenai perilaku makhluk terhadap sesama maupun terhadap Sang Khaliq yang berawal dari urutan kejadian alam semesta di alam perintah (‘alam al-amri) yang dimulai dengan ucapan atau kalam sampai dunia terendah di alam perilaku/ciptaan (‘alam alkhalqi). Kehidupan dimulai dari “kun” yang berupa perintah “jadilah” dimana perintah ini adalah ucapan/kalam, kemudian terjadilah Perubahan/i'rab dengan semua tanda-tandanya yang harus dikenal/ma'rifat. Penyajian ditutup dengan membuka pintu “nama-nama yang rendah” atau “al-makhfuudlatil asma'i”. Seluruh penyajian dalam kitab ini memberikan kesimpulan bahwa manusia diciptakan oleh Allah swt pada posisi tertinggi/terbaik (ahsani Taqwiim) kemudian dihempaskan ke posisi terendah (asfala saafiliin) kecuali orang-orang yang percaya dan melakukan tindakan positif.
Journal article

Sosiologi Pendidikan dalam Pembentukan Karakter (Studi Sosiologi)

Salah satu cara untuk mewujudkan individu yang berkualitas atau mendidik karakter anak adalah dengan memberikan pengetahuan mengenai bagaimana berperilaku yang diharapakan dalam keseharian serta aplikasinya dalam masyarakat. Sebuah pelajaran yang cocok untuk mengatasi dan membahas tentang permasalahan kualitas karakter adalah sosiologi. Hal ini dapat dilaksanakan melalui pelajaran di sekolah yang berbasis pada pendidikan karakter baik dari SMP sampai jenjang perkuliahan. Pelaksanaan pembelajaran Sosiologi sangatlah tepat apabila diiringi dengan tujuan yang dapat mendukung upaya pendidikan karakter, diantaranya adalah untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi kebajikan sehingga terwujud dalam kebisaan yang baik (hati, pikiran, perkataan, sikap, dan perbuatan), menyiapkan anak didik menjadi warga negara yang baik dan mengarahkan anak didik agar mampu membangun kehidupan yang baik, berguna dan bermakna. Metode penelitian dalam penulisan ini penulis menggunakan metode deskripsi dan kepustakaan, dimana semua data yang didapat dikumpulkan kemudian di analisa dan di paparkan dari berbagai dokumen pelengkap data untuk memberikan kesimpulan dari sebuah penelitian ini. Data yang digunakan didapat dari dokumen berupa buku, literature-literatur yang berkaitan dengan judul penulisan ini. Hasil penulisan ini mampu memberikan jawaban atas apa yang ingin penulis sampaikan bahwa di dalam ilmu Sosiologi akan dipelajari berbagai hal yang dapat mendukung pelaksanaan Pendidikan Karakter, di antaranya adalah mengenai proses sosialisasi, yang merupakan salah satu faktor penting untuk membentuk dan membangun karakter bangsa dalam diri masyarakat. Selain itu, Sosiologi juga merupakan salah satu dari rumpun ilmu sosial yang tentu akan mempelajari tentang nilai-nilai dan norma, perilaku masyarakat, penyimpangan sosial hingga pengendalian sosial. Terlihat dari apa saja yang dipelajari di dalam Sosiologi merupakan beberapa hal utama yang sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter masyarakat.
Suggested For You
Journal article

Penerapan Strategi Giving Questions And Getting Answers dengan Pendekatan Kerja Laboratorium Inkuiri Terbimbing

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar untuk siswa yang diberi strategi giving questions and getting answers dengan giving information pada pendekatan kerja laboratorium inkuiri terbimbing terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa dan kinerja ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest dengan dua kelas eksperimen yang telah di pasangkan (matching pretest-posttest comparison group design) Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik matching mengambil satu karakteristik saja atau diambil dengan dipasangkan. Rancangan dipilih karena selama eksperimen tidak memungkinkan untuk mengubah kelas yang telah ada. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keruak, dan sampelnya adalah 26 siswa dari kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan strategi giving questions and getting answers, dengan pendekatan kerja laboratorium inkuiri terbimbing dan 26 siswa dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan strategi giving information, dengan pendekatan kerja laboratorium inkuiri terbimbing. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah mann-whitney pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar untuk siswa yang diberi strategi giving questions and getting answers dengan giving information pada pendekatan kerja laboratorium inkuiri terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar untuk siswa yang diberi strategi giving questions and getting answers dengan giving information pada pendekatan kerja laboratorium inkuiri terhadap kinerja ilmiah siswa.
Read more articles