Recently Published
Most Viewed
Journal article

Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh current ratio, inventory turnover, leverage, earning power, net profit margin, tingkat penjualan, tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap pertumbuhan laba, dan melihat apakah ukuran Perusahaan dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini mengambil objek pada Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2012-2013, berjumlah 137 Perusahaan dan diperoleh sebanyak 74 Perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan semua variabel berpegaruh terhadap pertumbuhan laba, namun secara parsial, hanya tingkat penjualan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Di samping itu, ukuran Perusahaan tidak dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.
Journal article

Pengaruh Ekspor, Impor, Nilai Tukar Rupiah dan Tingkat Inflasi terhadap Cadangan Devisa Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Ekspor, Impor, Nilai Tukar Rupiah, dan Tingkat Inflasi terhadap Cadangan Devisa Indonesia baik secara simultan maupun parsial pada periode 2008 sampai 2012. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 data yang akan dijadikan sebagai objek penelitian. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah cadangan devisa Indonesia, sedangkan variabel independennya adalah ekspor, impor, nilai tukar rupiah, dan tingkat inflasi. Untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, peneliti melakukan penggujian analisis regresi linier berganda yang terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwa secara simultan Ekspor, Impor, Nilai Tukar Rupiah dan Tingkat Inflasi berpengaruh terhadap Cadangan Devisa Indonesia. Namun secara parsial, Ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap Cadangan Devisa Indonesia, Nilai Tukar Rupiah berpengaruh negatif signifikan terhadap Cadangan Devisa Indonesia sedangkan Impor dan Nilai Tukar Rupiah tidak berpengaruh terhadap Cadangan Devisa Indonesia.
Suggested For You
Journal article

Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Rasio Keuangan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan LQ45

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan, leverage dan debt to equity ratio terhadap kebijakan dividen pada Perusahaan LQ45 baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan yang berturut-turut masuk dalam indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2007-2011. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 11 Perusahaan. Metode pengujian data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian data, diperoleh hasil bahwa secara simultan, pertumbuhan laba, pertumbuhan penjualan, debt to assets ratio dan debt to equity ratio berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada Perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2007 sampai 2011. Namun, secara parsial, hanya pertumbuhan penjualan dan leverage yang berpengaruh terhadap kebijakan dividen.
Read more articles