Recently Published
Most Viewed
Journal article

Dampak Merokok terhadap Kehidupan Sosial Remaja (Studi di Desa Mabodo Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna)

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari merokok terhadap kehidupan remaja (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong anak remaja merokok (3) Untuk mengetahui peran orang tua dalam mengendalikan anak remaja merokok. Penelitian ini dilaksankan Di Desa Mabodo Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna yang berlangsung pada bulan Januari sampai dengan Februari 2018. Penentuan informan dilakukan secara snowball sampling yaitu penentuan informan menggunakan teknik bola salju. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi (pengamatan), interviev (wawancara). Dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Dampak yang ditimbulkan dari merokok terhadap kehidupan remaja yang terdapat di dalam masyarakat memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang ditimbulkan dari merokok terhadap kehidupan remaja yaitu: Mengurangi stress, Menimbulkan perasaan nikmat, Mempererat pergaulan antar kawan dan Meningkatkan keberanian dan perasaan jantan. Dampak negatif yang ditimbulkan dari merokok terhadap kehidupan remaja yaitu: Rokok memboroskan, Rokok menimbulkan ketergantungan, Menurunkan kosentrasi, Menurunkan kebugaran dan Rokok mengganggu kesehatan. Faktor-faktor yang mendorong remaja merokok di dalam masyarakat yaitu Keluarga dan Lingkungan. Peran orang tua dalam mengendalikan anak remaja merokok di dalam masyarakat yaitu: Peran menasehati anak remaja merokok dan Peran menegur remaja merokok.
Journal article

Analisis Beban Kerja Tenaga Perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Kota Kendari Tahun 2016

Perawat memberikan pelayanan di rumah sakit selama 24 jam sehari. Oleh karena itu, pelayanankeperawatan merupakan bagian intergral dari pelayanan kesehatan Rumah Sakit serta memberikan kontribusiyang sangat besar dalam menentukan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian menganalisis beban kerjatenaga perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Kota Kendari pada tahun 2016. Jenis penelitian adalah penelitiankuantitatif dengan menggunakan teknik work sampling dan telaah dokumen. Kemudian hasil dari beban kerjayang didapatkan digunakan untuk perhitungan kebutuhan tenaga perawat dengan metode Workload IndicatorStaff Need (WISN). Sampel sebagai subjek personel yang akan diamati sebanyak 18 orang perawat. Berdasarkanhasil penelitian diketahui Jumlah beban kerja tenaga perawat yaitu ruang Lavender (84,48%), ruang Anggrek(80,3%), dan ruang Melati (80,95%). Perhitungan kebutuhan tenaga perawat berdasarkan perhitungan WISN diruang Lavender 20 tenaga perawat, ruang Anggrek 19 tenaga perawat dan ruang Melati 18 tenaga perawat. Diharapkan kepada pihak manajemen keperawatan RSUD Kota Kendari dapat merencanakan jumlah kebutuhantenaga perawat dengan mempertimbangkan beban kerja perawat.
Suggested For You
Journal article

Dampak Permukiman Nelayan terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Budaya Suku Bajo ( Kasus Permukiman Nelayan Toronipa Khususnya Masyarakat Suku Bajo di Sulawesi Tenggara )

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan dampak dari program pemukiman kembali pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat dengan tujuan untuk mengetahui: 1) dampak dari program pemukiman kembali pada intensitas hubungan sosial, 2) dampak dari program pemukiman kembali pada sosial ekonomi masyarakat, dan 3) Perilaku sosial dalam pemanfaatan mandi, cuci, dan fasilitas buang air besar. Metode yang digunakan adalah survei yang dilakukan kepada para nelayan Suku Bajo dipindahkan di Sampel penelitian ini adalah 50 keluarga dan dilakukan secara simple random sampling. Data dari variabel penelitian diperoleh dari kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analitik t-test, Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemukiman kembali memiliki dampak positif terhadap interaksi sosial dan sosial ekonomi, masyarakat yang dapat menempati rumahnya segera, pembangunan sarana dan fasilitas pendidikan; prestasi belajar dan kemudahan dalam memperoleh pendidikan; serta peluang dan kesempatan memperoleh pekerjaan sebahagian masyarakat menyatakan baik. Kata Kunci: Pemukiman Nelayan, Suku Bajo
Read more articles