Recently Published
Most Viewed
Journal article

Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas

Terhadap prestasi belajar fisika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing kabupaten Sambas. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu minat dan motivasi belajar sebagai variabel bebas terhadap prestasi belajar fisika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas sebagai varibel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian hubungan (interrelationship studies), studi sebab akibat (causal-comparative studies). Sampel penelelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpul data berupa teknik komunikasi tidak langsung, teknik studi dokumenter, dan teknik observasi langsung dengan alat pengumpul data yang digunakan adalah angket, buku nilai dan pedoman observasi.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung sebesar 11,00 > nilai Ftabel sebesar 3,37, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,46, yang menunjukkan bahwa 46% prestasi belajar fisika siswa dipengaruhi oleh minat dan motivasi belajar sedangkan sisanya sebesar 54% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Journal article

Fenomenografi Konsep Cahaya Dalam Optik Geometri Untuk Mahasiswa Calon Guru Fisika

Telah dilakukan pengukuran terhadap kemampuan mahasiswa calon guru fisika dalam memahami konsep cahaya. Beberapa konsep yang yang lain adalah konsep warna benda, konsep melihat oleh mata, dan konsep pperanan cahaya dalam alat-alat optik. Selain itu dilakuan sebuah soal singkat tentang pemantulan pada cermin dua cermin datar yang saling tegak lurus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengekplorasipemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep tersebut sesuai dengan model mental yang dibangun oleh mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan soal terbuka terhadap 46 mahasiswa Pendidikan Fisika yang telah menempuh mata kuliah Fiska Dasar II dan mata kuliah Optik. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa pemahaman konsep yang berbeda-beda diantara responden sesuai dengan interaksi dinamis antara penguasaan konseptual dan kemampuan membangun model mental individu. Hal ini juga tergantung dari pengalaman individu dalam berpikir dan komunikasi selama belajarnya.
Suggested For You
Journal article

Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Slow Learners (Lamban Belajar)

This research is aimed to find out the mathematics learning process in class includes readiness of teacher before learning process, implementation and evaluation and follow up. It was a qualitative research. The subjects were taken by purposive sampling. The subjects of this research were mathematics teacher. Data collection techniques in this research were interviews and observation. Technical validity of the data used is triangulation time. The data analysis technique used was consisted of data reduction, data display, and conclusion. The results of this study were (1) teacher preparedness before learning process are by preparing syllabus, lesson plan (RPP), media and learning resources before the learning process begins. (2) the mathematics learning implementation in class done through three activities: pre activity, whilst activity and post activity (3) in evaluation and follow-up stage, teachers plan follow-up activities in the form of remedial learning, enrichment programs, counseling services for students (4) Factors and constraints experienced from slow learners child is may lose interest in the task and refused to resume the task.
Read more articles