Recently Published
Most Viewed
Conference paper

Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai Melalui Pendekatan Iczm (Integrated Coastal Zone Management)

Wilayah pantai merupakan suatu bagian yang kaya akan potensi sumber daya pesisir, kelautan dan perikanan.Wilayah pesisir pantai juga memiliki potensi yang dapat dikembangkan sebagain wilayah wisata bahari. Masyarakatyang tinggal di wilayah pesisir pantai, sejak dahulu juga telah menggantungkan hidupnya dari pemanfaatan sumberdaya alam yang terdapat di sekitar pesisir pantai. Seiring dengan berjalannya waktu, kehidupan masyarakat disekitarpesisir pantai mengalami keterpurukan. Masyarakat belum dapat mengelola sumber daya pantai secara optimal.Sentuhan pengetahuan akan pemanfaatan pengembangan Sumber daya di wilayah pesisir pantai sangat minimsekali. Masyarakat tidak mengenal cara lain yang lebih efektif dan inovatif untuk mengelola sumber daya pantaiyang mereka hasilkan. Dengan melihat permasalahan tersebut diatas, maka dibutuhkan model baru untukpemberdayaan masyarakat pesisir pantai, agar masyarakat dapat meningkatkan taraf hidupnya menjadi lebih baik.ICZM (Integrated Coastal Zone Management) adalah pendekatan yang akan digunakan dalam mengoptimalisasipemberdayaan masyarakat di wilayah pesisir pantai. Diharapkan dengan pendekatan ICZM, tidak hanyapertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir pantai saja yang akan membaik, tetapi juga menjamin pertumbuhanekonomi yang dapat dinikmati secara adil dan proposional oleh segenap pihak yang terlibat (stakeholders), dandapat memelihara daya dukung serta kualitas lingkungan pesisir yang baik sehingga dapat melestarikan wilayahpantai. Pendekatan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif berdasarkan kajiankepustakaan serta observasi secara langsung.
Journal article

Penggunaan MRA dengan Spss untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen

Hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen kemungkinandipengaruhi oleh variabel-variabel lain, salah satu diantaranya adalah variabel moderating. Variabelmoderating ini dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel independen dan variabeldependen. Sifat atau arah hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependendapat positif atau negatif tergantung pada pada variabel moderating. Ada beberapa uji untuk untuk mengujipengaruh variabel moderating ini, diantaranya adalah Moderated Regression Analysis (MRA). ModeratedRegression Analysis (MRA) merupakan aplikasi khusus regresi berganda linear dimana dalam persamaanregresinya mengandung unsur interaksi (perkalian dua atau lebih variabel independen).
Suggested For You
Conference paper

Inovasi Desain Mesin Perontok Padi Untuk Meningkatkan Efektifitas Hasil Panen

Petani padi merupakan pekerjaan yang paling banyak diminati warga Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Provinsi JawaTengah. Hal tersebut dikarenakan lahan pertanian padi di Eromoko yang cukup luas. Berdasarkan pengamatan danhasil survei yang dilakukan dengan para petani, terdapat masalah pada mesin perontok padi yang digunakan kurangmaksimal, sehingga waktu dan biaya panen menjadi lebih besar. Kekurangan tersebut terdapat pada dimensi drumyang kecil, membuat gabah tidak terontok maksimal, bentuk pisau perontok yang tidak runcing sehinggamenghambat proses perontokan padi, tidak adanya sistem pemisah kotoran berupa pengayak, sehingga kotoran tidakbisa dipisahkan. Metode kreatif digunakan untuk mendapatkan atribut produk. Untuk memunculkan variasi dalamperancangan ini dilakukan proses brainstorming dengan berbagai pihak. Selanjutnya dilakukan penilaian dariberbagai variasi desain yang muncul dengan metode Weighted Objective untuk memperoleh desain terbaik. Langkahberikutnya untuk mendapatkan 2D dan 3D desain mesin perontok padi, digunakan software Catia. Software ini jugaakan digunakan untuk menguji kekuatan konstruksi. Hasil penelitian ini berupa desain mesin perontok padi dengankecepatan perontokan 189 Kg/jam. Data modifikasi mesin perontok padi tersebut adalah: penggantian jenis materialpisau perontok yang berbentuk runcing dan tidak mudah aus, menambahkan pengayak agar mesin dapatmemisahkan antara kotoran dengan gabah, mendesain ulang bentuk drum agar hasil perontokan lebih maksimal.
Conference paper

Analisis Politik Kriminal terhadap Penyebaran Kejahatan Narkotika

Conference paper

Penerapan Lean Manufacturing untuk Meminimize Waste pada Proses Perakitan Plastic Box 260 Menggunakan Metode Vsm

Conference paper

Reviewatas Analisis Sentimen Pada Twitter Sebagai Representasi Opini Publik Terhadap Bakal Calon Pemimpin

Read more articles