Recently Published
Most Viewed
Journal article

Hubungan Etika dan Agama dalam Kehidupan Sosial

Para pemikir Islam maupun pemikir Barat kontemporer sama-sama menyadari bahwa manusia saat ini berada pada puncak krisis yang akut, dimana kehadiran sains dan teknologi modern telah mereduksi eksistensi kemanusiaan sebagai potensi ideal dan kekuatan dalam mendesain peradaban modern. Dalam menyikapi keadaan tersebut, dibutuhkan sikap yang lebih apresiatif dan aktif dalam memfungsikan nilai-nilai etika dan agama dalam kehidupan sosial dan kemasyarakatan. Berbicara masalah etika dan agama tidak terlepas dari masalah kehidupan manusia itu sendiri. Dengan demikian hubungan antara etika dengan agama sangat erat kaitannya, yakni adanya saling isi mengisi dan tunjang menunjang antara satu dengan yang lainnya. Keduanya terdapat persamaan dasar, yakni sama-sama menyelidiki dan menentukan ukuran baik dan buruk dengan melihat pada amal perbuatan manusia. Olehnya itu, etika dan agama menjadi suatu kebutuhan hidup yang memiliki fungsi dan tetap berlaku dan dibutuhkan dalam kehidupan sosial, misalnya dalam hal perpolitikan, hukum, ekonomi, kebudayaan dan sebagainya. Etika mendukung keberadaan agama, dimana etika sanggup membantumanusia dalam menggunakan akal pikiran untuk memecahkan masalah. Etika mendasarkan diri pada argumentasi rasional sedangkan agama mendasarkan pada wahyu Tuhan yang kebenarannya absolut (mutlak).
Journal article

Assessment of Customer Expectation and Perception of Service Quality Delivery in Ghana Commercial Bank

The study is to determine customers' expectations and perception of quality of servicedelivery of Ghana Commercial Banks Limited. The study also aims at determining thegap between customers' expectation and perception of service quality delivery(customer satisfaction /dissatisfaction) of the banks. To achieve the main aim of thestudy, the following specific objectives have been set out; determine customers'expectations of the quality of service delivery of GCB, measure customers' perceptionof the quality of service delivery of GCB, determine the gap (customer satisfaction ordissatisfaction) between customers' perception and expectation of service qualitydelivery of the bank.
Suggested For You
Journal article

Deskripsi Kemampuan Membuat Soal Interaktif Mahasiswa Calon Guru di STKIP-PI Makassar

Tujuan kegiatan ini yaitu hendak mengupayakan pengembangan keterampilan dan kemampuanprofessional guru dalam mengembangkan soal interaktif sebagai upaya peningkatan kualitaspendidikan di era teknologi seperti sekarang ini. Materi pembelajaran yang disajikan tidaklengkap tanpa adanya soal-soal latihan, untuk memastikan bahwa soal yang diberikan dikerjakanlangsung oleh siswa tanpa menyontek dan agar siswa dapat menilai dirinya sendiri makasebaiknya soal diberikan dengan menggunakan teknologi yang interaktif. Belum adanyaketerampilan pembuatan soal dengan teknologi yang interaktif bagi mahasiswa calon guru dikampus mitra menjadi pendorong pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Untuk itu, kegiatan iniakan memberikan pelatihan pembuatan soal interaktif, agar nantinya mahasiswa calon guru dikampus mitra mampu membuat sendiri soal yang bersifat interaktif. Metode penyajian materi danpraktikum pelatihan yaitu metode ceramah dan diskusi tanya jawab. Hasil yang dicapai berupapengetahuan cara mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan penggunaan teknologi yaitudengan melibatkan tampilan yang menarik dari suatu aplikasi komputer, meningkatnyakemampuan dan keterampilan mahasiswa calon guru dalam membuat soal interaktif. Haltersebut tampak dari hasil kerja mandiri peserta dalam menghasilkan soal interaktif yangmenarik. Hasil kegiatan juga berupa antusiasme dan semangat peserta pelatihan yang tampakdari kehadiran peserta dan ketertarikan untuk lebih mendalami materi. Pemahaman danketerampilan pembuatan soal interaktif juga cukup tinggi yang tampak dari penguasaan langkahpembuatan dan kreasi tampilan soal interaktif.
Read more articles