Recently Published
Most Viewed
Journal article

Sejarah Perkembangan Smk N 1 Bangli : Awal Berdiri Hingga Menjadi RSBI

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui sejarah perkembangan SMK N 1 Bangli (2) mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi dijadikannya SMK N 1 Bangli sebagai RSBI dan (3) nilai-nilai apa yang diunggulkan oleh SMK N 1 Bangli. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan tahap penelitian yaitu (1) Heuristik, (2) Kritik Sumber (3) Interpretasi dan (4) Historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa awal berdiri tahun 1970 sekolah ini bernama SMEA Bangli dan berstatus sebagai sekolah swasta. Kemudian pada tahun 1971 SMEA Bangli berubah menjadi SMEA N 1 Bangli. Lokasi pertama SMEA N 1 Bangli ada di Jalan Brigjen Ngurah Rai No. 55. Pada awal berdirinya SMEA N 1 Bangli membuka 3 program keahlian diantaranya Tata Niaga, Tata Buku, dan Tata Usaha,namunMemasuki tahun ajaran 2006/2007 dibukalah jurusan baru yaitu Teknik Komputer Jaringan. Dengan adanya penyeragaman nama sekolah secara nasional, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui SK No. 0537 /C.4.I /LL/97 tanggal 18 Maret 1997 menetapkan SMEA N 1 Bangli menjadi SMK. SMK N 1 Bangli merupakan satu-satunya sekolah kejuruan yang ada kabupaten Bangli yang telah berstatus sebagai sekolah rintisan bertaraf Internasional. SMK N 1 Bangli dijadikan sebagai RSBI karena telah memenuhi syarat. Adapun syarat yang telah dipenuhi oleh SMK N 1 Bangli adalah semua kompetensi keahlian telah terakreditasi A. Sarana dan prasarana juga telah memenuhi standar. Dijadikannya rintisan sekolah bertaraf Internasional juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ekonomi, sosial dan politik. Nilai-nilai pendidikan karakter juga diunggulkan di sekolah ini.
Journal article

Biografi Ida I Dewa Agung Istri Kanya (Studi Tentang Nilai-nilai Kepahlawanan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Biografi Ida I Dewa Agung Istri Kanya; dan (2) nilai-nilai kepahlawanan yang diperoleh dari sosok Ida I Dewa Agung Istri Kanya agar dapat diteladani sebagaimana tertuang dalam biografinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu: (1) penentuan lokasi penelitian; (2) teknik penentuan informan; (3) teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka); (4) teknik penjaminan keabsahan data; (5) teknik analisis data; dan (6) teknik penulisan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ida I Dewa Agung Istri Kanya adalah putri tunggal pasangan Ida I Dewa Agung Putra Kusamba dengan Ida Anak Agung Istri Ayu Made Karang dari Puri Karangasem. Ida I Dewa Agung Istri Kanya tumbuh besar di lingkungan Keraton Semarapura dengan diberikan pendidikan kepemimpinan, ketatanegaraan, dan ilmu etika sehingga tumbuh besar menjadi seorang rakawi, raja Klungkung hingga pemimpin pada Perang Kusamba (1849). Nilai-nilai kepahlawanan yang terkandung pada sosok Ida I Dewa Agung Istri Kanya antara lain: (1) nilai keberanian; (2) nilai kewibawaan; (3) nilai rela berkorban; (4) nilai patriotisme; (5) nilai kemandirian; (6) nilai etika dan moral; (7) nilai kejujuran; (8) nilai menghargai dan menghormati orang lain; (9) nilai solidaritas; dan (10) nilai religius.
Suggested For You
Journal article

Nilai Karakter dalam Tradisi Ari-ari Megantung di Desa Bayung Gede, Kintamani, Bangli, Bali

Masyarakat desa Bayung Gede yang ada di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali merupakan salah satu masyarakat desa Bali Aga yang memiliki tradisi daur hidup yang sangat unik yaitu Tradisi Ari-Ari Megantung. Tradisi Ari-ari Megantung dilaksanakan ketika ada bayi yang baru lahir kemudian ari-ari pembungkus bayi itu di taruh di dalam kuburan dengan cara digantung dalam sebuah batok kelapa. Tradisi ini sudah ada di desa Bayung Gede sejak keberadaan desa ini dan terus dilaksanakan secara turun temurun hingga saat ini.Tradisi ini memiliki nilai-nilai positif yang mempengaruhi kepribadian atau karakter penduduk di desa Bayung Gede sehingga mereka begitu menghargai kebudayaan dan adat yang dimilikinya.
Read more articles