Penggunaan Tehnik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI di Smanor Sidoarjo
2013
Okky Kurniawan

Metrics

  • Eye Icon 4063 views
  • Download Icon 3912 downloads
Metrics Icon 4063 views  //  3912 downloads
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah diskusi kelompok mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMANOR Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa one-group pre-test dan post-test design, dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Berdasarkan observasi pendahuluan diketahui 4-18 siswa kelas XI sering tertidur di kelas saat proses belajar mengajar sedang berlangsung, hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI motivasi belajar yang rendah. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI SMANOR yang termasuk kategori rendah motivasi belajarnya.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu sign-test (uji tanda). Hasil perhitungan pada tabel tes binomial dengan N = 6 dan X = 0, diperoleh p = 0,031. Jika α = 5% (0,05) maka 0,016 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini hipotesis nol (Ho) yang berbunyi “tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa kelas XI di SMANOR Sidoarjo antara sebelum dan sesudah diberikan diskusi kelompok” ditolak.
Berdasarkan rata-rata hasil skor post-test diketahui bahwa mean subyek penelitian setelah diberikan perlakuan adalah 115 yang berarti lebih besar dari mean sebelum diberikan perlakuan sebesar 100. Hal tersebut menunjukkan bahwa diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMANOR Sidoarjo.
Kata Kunci: diskusi kelompok, motivasi belajar

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 4063 views
  • Download Icon 3912 downloads
Metrics Icon 4063 views  //  3912 downloads