Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo
2016
Avinatara Nabila Putri

Metrics

  • Eye Icon 696 views
  • Download Icon 90 downloads
Metrics Icon 696 views  //  90 downloads
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatnya motivasi belajar pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Subyek Penelitian sebanyak 16 siswa yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 8 siswa dan kelompok kontrol 8 siswa. Dengan menggunakan metode eksperimen, jenis desain eksperimen kuasi (quasiexperiment) serta menggunakan pendekatan Randomized Posttest Only Control Group Design.    Instrumen pengumpul data melalui observasi dan lembar penilaian. Hasil data di analisis dengan menggunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) pada program SPSS 16.0 forwindows.
Berdasarkan hasil analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wicoxon Signed Rank Test) diperoleh, maka nilai Z yang didapat sebesar -2.383dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,017 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Artinya ada perbeaaan yang menggunakan bimbingan kelompok teknik diskusi dengan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan.
Bagi peneliti selanjutnya menyarankan dalam pemberian treatment ditingkatkan dan disesuaikan dengan lingkungan sekolah dan lebih lama dalam memberikan perlakuan dengan memastikan setiap karakteristik treatment terpenuhi dan kontrol yang lebih ketat serta penulis menyarankan untuk mempelajari kembali kajian-kajian atau teori-teori tentang kemampauan membaca anak pada usia dini.
 
Kata Kunci: Bimbingan dan konseling , Teknik Diskusi.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 696 views
  • Download Icon 90 downloads
Metrics Icon 696 views  //  90 downloads