Journal article // ProBank






Pengaruh Rasio Capital, Assets, Earning Dan Liquidity Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perbankan Di Indonesia (Study Empiris Pada Perbankan Di Indonesia)
November 2010
Rina Ani Sapariyah

Metrics

  • Eye Icon 90 views
  • Download Icon 41 downloads
Metrics Icon 90 views  //  41 downloads
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan memberikan bukti empiris bahwa variabel capital, assets, earning, dan liquidity berpengaruh siqnifikan terhadap pertumbuhan laba perbankan.
Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan data sekunder, yaitu laporan keuangan pertahun Perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Sampel bank yang digunakan dalam penelitian meliputi seluruh bank go public di BEI periode 2007-2008. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data adalah rasio keuangan perbankan yang terdaftar pada BEI. Metode pengumpulan data dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pertumbuhan laba perbankan yang dinyatakan dalam rasio-rasio keuangan yang terdiri dari variabel capital adequacy ratio (CAR), net performing loans (NPL), loan to deposit ratio (LDR) dan biaya operational/ pendapatan operational (BO/PO) setelah dilakukan pengjian variabel capital (yang dinyatakan dengan CAR), variabel assets (yang dinyatakan dengan NPL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba, sedangkan variabel liquidity (BO/PO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba. Sedangkan variabel earnings (LDR)berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba. Secara bersama-sama kinerja keuangan perbankan yang dinyatakan dalam rasio-rasio keuangan yang terdiri dari variabel independen CAR, NPL, LDR dan BO/PO, hasil uji secara serempak (uji F) diketahui besarnya nilai F = 7,682 signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel independent tersebut berpengaruh siqnifikan terhadap pertumbuhan laba. Nilai R Square sebesar 0,270 dapat diartikan bahwa CAR, NPL, LDR dan BO/PO sebesar 27% sedangkan sisanya sebesar 73% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: capital, assets, earning, liquidity dan pertumbuhan laba

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 90 views
  • Download Icon 41 downloads
Metrics Icon 90 views  //  41 downloads