Perancangan Game Vokal-konsonan dan Tebak Huruf Berbasis Grafis

Renzi Tarigan • Emma Rosinta Simarmata • Mendarissan Aritonang
Journal article Methomika • 2018

Download full text
(Bahasa Indonesia, 12 pages)

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan intelegensia dari anak yang berhubungan dengan pengembangan logika, pengambilan keputusan, pengenalan terhadap objek dan bagaimana ia memanipulasi objek tersebut. Salah satu cara melatih daya ingat anak-anak adalah dengan diberikannya permainan seperti mencocokkan bentuk dan warna, game-game seperti scrabble, dan lain-lain. Selain dengan cara di atas saat ini media elektronik seperti komputer telah dapat digunakan untuk melatih daya ingat melalui game edukatif seperti game memory, game menebak gambar, dan game menebak kata. Dengan adanya permainan seperti ini ditambah lagi suatu perangkat lunak yang mengajarkan cara menyanyi maka diharapkan seorang anak dapat belajar sambil bermain sambil meningkatkan daya ingat. Selain dengan media lagu, kreativitas anak dapat digali dengan memainkan beberapa game edukatif seperti game memory, game menebak gambar, dan game menebak kata. Dengan adanya permainan seperti ini ditambah lagi suatu perangkat lunak yang mengajarkan cara menyanyi maka diharapkan seorang anak dapat belajar sambil bermain dan meningkatkan daya kreativitasnya. Hasil dari tulisan ini adalah suatu aplikasi yang dapat menghasilkan suatu lagu untuk anak-anak serta beberapa permainan untuk melatih daya ingat sehingga dapat meningkatkan fungsi otak kiri yang berkaitan dengan daya ingat.

 

Metrics

  • 171 views
  • 121 downloads

Journal

Methomika

Methomika is published by the Methodist University of Indonesia and managed by the D-III Study Pr... see more