Metrics

  • visibility 160 views
  • get_app 45 downloads
description Journal article public Sebatik

Membangun Edugame “Boni Kids – Borneo Animal Kids” Permainan Match-up dengan Teknik Pengacakan Shuffle dan Pengembangan Agen Cerdas dengan Model Finite State Machine (Fsm)

Reza Andrea, Shinta Palupi
Published 1 January 2018

Abstract

Penelitian membangun Edugame "Boni Kids - Borneo Animal Kids" merupakan penelitian pengembangan permainan berjenis Match-Up Game yang dirancang untuk mengasah daya ingat. Dalam permainan ini pemain harus mencocokkan 2 gambar hewan-hewan khas Kalimantan yang sama, pemain harus mengingat posisi gambar yang akan dicocokkan. Algoritma pengacakan shuffle diterapkan dalam penelitian ini, dengan tujuan membuat susunan posisi gambar selalu teracak dan permainan menjadi tidak monoton dan membosankan. Teknologi AI (kecerdasan buatan) juga diterapkan pada penelitian ini. Menggunakan metode model Finite State Machine (FSM), permainan yang dibangun akan memiliki karakter game agent yang akan mendampingi anak bermain layaknya guru.

Full text

 

Metrics

  • visibility 160 views
  • get_app 45 downloads