Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega

Kafilul Umam
Journal article Jurnal Seni Rupa • 2013

Download full text
(Bahasa Indonesia, 6 pages)

Abstract

Interaksi antara guru dan siswa pasti terjadi didalam proses pembelajaran, utamanya dalam penyampaian materi pelajaran yang sedang berlangsung. Karena itu dibutuhkan media pembelajaran agar penyampaian materi dari guru ke siswa lebih optimal. Atas dasar tersebut peneliti berkeinginan untuk membantu guru dalam menciptakan suatu media pembelajaran yang menarik dan efektif. Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan media digital dalam apresiasi batik, mendeskripsikan aktivitas siswa dengan adanya penerapan media digital dalam pembelajaran apresiasi batik serta mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan media digital dalam pembelajaran apresiasi batik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yakni segala data yang diperoleh akan dipaparkan dalam bentuk kata-kata. Objek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 dan kelas X-4 SMA Negeri 1 Blega. Peneliti membuat media digital yang berbasis komputer dalam pembelajaran apresiasi batik kelas X dilanjutkan dengan melakukan analisis terhadap aktivitas siswa serta hasil belajarnya setelah menerima pembelajaran dengan media tersebut. Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa penggunaan media digital dalam pembelajaran apresiasi batik sangat berpengaruh terhadap keaktifan aktivitas siswa selama pembelajaran serta ketuntasan hasil belajar siswa. Terbukti dengan persentase angka yang diperoleh dari kelas X-2 yang merupakan kelas dengan pembelajaran menggunakan media digital yang jauh lebih baik dari pada persentase yang diperoleh pada kelas X-4, yakni kelas yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan media digital. Kata Kunci : Media Digital, Apresiasi Batik, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar. The interaction between teacher and student are surely happened in the learning process, especially in the delivery of lesson material which underway. Because of that is needed learning media in order to delivery of material from teacher to the student more optimal. Based on the mentionedthe researcher want to help the teacher in creating an effective and interesting learning media. Based on the formula of problem, so the purpose of this research are to know and describe the steps of making digital media in the batik appreciation, descibe the student activity with the application of digital media in the learning of batik appreciation and describe the result of learning student with the application of digital media in the learning of batik appreciation. The kind of this research is qualitative descriptive research. That is all of data which obtained will explanationed in tha form word. The first object in this research are the student of X-2 and X-4 class SMAN 1 Blega. The researcher makes digital media which computer based in the learning of batik appreciation of X class and continued by doing analyze to the student activity with the result of their study after they get learning with media. The result of analyze which done by reseaecher to show that using digital media in the learning of batik appreciation is very influential to the active of student activity. While learning and completeness of result learning student. Proven with number percentage which obtained from X-2 class which is class with learning by using digital media is far better than percentage which obtained to the X-4 class, that is class which obtain the learning without using digital media. Keywords: Digital media, Batik apretiation, student activity, study result

Metrics

  • 163 views
  • 217 downloads

Journal

Jurnal Seni Rupa

Jurnal Seni Rupa is an online journal of the undergraduate study program from the Fine Arts Educa... see more