Journal article // Jurnal Informasi dan Komputer






Penerapan Metode Extreme Programming pada Sistem Informasi Layanan Perpustakaan SMP Negeri 3 Negara Batin Berbasis Web Mobile
October 29, 2020  //  DOI: 10.35959/jik.v8i2.184
Nurmayanti Nurmayanti, Yoga Iman Wijaya

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Perpustakaan didirikan sebagai syarat untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam bentuk media cetak yang bisa di akses oleh semua orang khususnya di lingkungan pendidikian. Ada bermacam-macam jenis perpustakaan yang ada, salah satunya adalah perpustakaan sekolah. Perpusatakaan sekolah sendiri merupakan Fasilitas yang dapat digunakan untuk menyimpan segala informasi mengenai dunia pendidikan, ilmu pengetahuan dan memberikan jasa informasi dalam bentuk layanan perpustakaan kepada siswa-siswi dilingkungan sekolah.
Dalam kasus ini perpustakaan di sekolah menengah petama Negeri 3 Negara Batin masih banyak ditemukan beragam masalah yang bisa menghambat segala peroses pelayanan terhadap siswa-siswi. Dengan masih ditemukannya maslah dalam pengololaan data admisnistrasi pada perpustakaan SMP N 3 Negara Batin maka diciptakan suatu perangkat lunak yang bisa memberi solusi untuk membantu petugas perpustakaan dalam mengelola data administrasi perpustakaan SMP N 3 Negara Batin. Seharusnya di era globalisasi ini perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah khusunya sekolah yang berada di pelosok dapat juga memanfaatkan sistem informasi sebagai srana dan prasarana untuk menujang kegiatan belajar mengajar.
Dengan pengembangan sistem informasi perpustakaan berbasis web menggunakan metode Extreme Programming (XP)ini, diharapkan dapat memberi solusi untuk meningkatkan peroses pelayanan dan kinerja petugas perpustakaan dalam hal pengelolaan data administrasi pwerpustakaan serta mempercepat transaksi peminjaman dan pengembalian buku oleh siswa-siswi SMP N 3 Negara Batin.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads