Journal article // Jurnal Sipissangngi






Program Belajar Sambil Bermain dalam Upaya Peningkatan Minat dan Semangat Siswa di Masa Pandemi Covid-19
March 30, 2022  //  DOI: 10.35329/sipissangngi.v2i1.2512
Mughniatul Ilma, Riska Aprilia Nurhidayati

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Pada awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya virus covid-19. Indonesia juga mengalami dampak dari adanya pandemi ini, yang memicu Perubahan sistem di berbagai sektor, termasuk bidang pendidikan. Selama masa pandemi covid-19, proses pembelajaran dilakukan di rumah melalui sistem jarak jauh. Namun, sering kali terjadi banyak kendala yang membuat pembelajaran jarak jauh menjadi kurang kondusif. Akhirnya siswa menjadi bosan dan tidak memiliki semangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, beberapa siswa menggunakan waktu luangnya untuk bermain game online. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengadakan program belajar sambil bermain, yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan semangat siswa di masa pandemi covid-19. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) melalui lima tahap pelaksanaan, yaitu inkulturasi, discovery, design, define, dan reflection. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah melalui program belajar sambil bermain dalam proses pembelajaran, minat dan semangat belajar siswa selama masa pandemi covid-19 menjadi meningkat. Dan berbagai permainan edukatif yang digunakan dalam proses pembelajaran, membuat siswa tidak menyadari bahwa di samping mereka bermain, mereka juga sedang belajar.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads