Perancangan Permainan Interaktif Mengenai Cinta Tanah Air Untuk Kalangan Usia 11-17 Tahun

Sebastian Hadi Santoso • Wibowo Wibowo • Hendro Aryanto
Journal article Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna • 2013 Indonesia

Download full text
(Bahasa Indonesia, 13 pages)

Abstract

Perancangan ini dilakukan di samping penelitian untuk mengetahui berbagai penyimpangan masyarakat terhadap Pancasila. Penelitian mencakup Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta data-data tentang permainan interaktif sebagai media pembelajaran. Kalangan remaja dalam kisaran usia 11-17 tahun adalah sasaran utamanya. Hasil penelitian tersebut dijadikan sebagai bahan untuk perancangan permainan interaktif sebagai media pembelajaran di kelas atau sekolah. Perancangan permainan interaktif ini didasarkan pada tujuan untuk mengajarkan Pancasila sebagai ideologi dasar Indonesia kepada kalangan remaja di berbagai sekolah di Indonesia. Sistem permainan ini diambil dari bentuk papan permainan ludo yang dikembangkan supaya menciptakan suasana yang interaktif serta mempelajari Pancasila lebih aplikatif.

Metrics

  • 295 views
  • 1194 downloads

Journal

Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna

Jurnal DKV Adiwarna adalah jurnal mahasiswa yang berisi tentang hasil pemikiran mahasiswa Univers... see more