Perancangan Turn Based Strategy Game Bertema Perang Gerilya Jendral Sudirman Untuk Pelajar Tingkat SMA

Stephen Tirtoutomo • Obed Bima Wicandra • Abigail Aniendya Christianna
Journal article Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna • 2013

Download full text
(Bahasa Indonesia, 12 pages)

Abstract

Pelajaran sejarah secara umum merupakan pelajaran yang penting dan memiliki fungsi refleksi untuk menjalanikehidupan saat ini dan di masa depan. Sebagai warga negara sudah selayaknya mengenal sejarah dari negarasendiri. Perancangan karya tugas akhir ini bertujuan untuk menciptakan daya tarik pelajaran sejarah bagi remajadengan menyajikan cerita sejarah sebagai sebuah game strategi yang menarik dan interaktif sebagai mediapembelajaran untuk remaja. Karena mayoritas pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang tidak diminati olehremaja. Media yang dipilih adalah game komputer karena selain dapat menampilkan multimedia, komputer jugasangat dekat dengan gaya hidup remaja sekarang. Game ini disajikan dengan fitur gameplay menarik dan videoilustrasi yang mendukung penyajian cerita. Di dalam artikel ini akan dibahas faktor apa yang sebenarnyamempengaruhi kurangnya minat pelajar terhadap pelajaran sejarah, dan proses penggalian ide untukmenghasilkan peracangan game ini sebagai solusi yang mampu membawa masalah tersebut ke arah positif.

Metrics

  • 193 views
  • 766 downloads

Journal

Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna

Jurnal DKV Adiwarna adalah jurnal mahasiswa yang berisi tentang hasil pemikiran mahasiswa Univers... see more