Perancangan Permainan Kartu Sebagai Media Pengenalan Tokoh Pewayangan Dengan Basis Kisah Ramayana

Ting Sebastian William
Journal article Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna • 2014 India • Indonesia

Download full text
(Bahasa Indonesia, 12 pages)

Abstract

Ramayana adalah salah satu kisah pewayangan yang berasala dari India, namun sudah tersebar ke dunia Internasional dan masuk ke Indonesia juga. Di Indonesia, kisah ini tidak jarang dibawakan dalam pementasan wayang. Namun, di zaman sekarang, kesenian wayang bersama kisah-kisahnya sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Maka dari itu diperlukan sebuah USAha untuk membangkitkan kembali rasa kecintaan masyarakat Indonesia terhadap kesenian wayang melalui perancangan yang dibuat ini. Target dari perancangan permainan kartu Ramayana ini adlaah anak-anak berusia 9-15 tahun, di mana pada rentang usia tersebut manusia akan cepat dalam meneriman informasi baru dan lebih cepat untuk mengingatnya, ditambah lagi pada usia tersebut anak-anak masih suka bermain. Perancangan ini dibuat berdasar pada salah satu bagian dari kisah Ramayana. Visualisasi dari setiap karakter pada kartu nantinya diharapkan dapat memberikan informasi yang cukup untuk anak-anak.

Metrics

  • 220 views
  • 131 downloads

Journal

Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna

Jurnal DKV Adiwarna adalah jurnal mahasiswa yang berisi tentang hasil pemikiran mahasiswa Univers... see more