Recently Published
Most Viewed
Thesis

Asuhan Kebidanan Komprehensif (Continuity Of Care/COC) pada Ny. “I” di PMB Bidan “S” Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso

Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Indonesia saat ini. Berdasarkan hasil data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bondowoso Angka Kematian Ibu (AKI) pada tahun 2016 mencapai 20 orang dan tahun 2017 sampai bulan Agustus sebanyak 17 orang, Angka Kematian Bayi (AKB) pada tahun 2016 yaitu 178 bayi dan tahun 2017 sampai bulan Agustus sebanyak 90 bayi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi AKI dan AKB adalah menggunakan asuhan Continuity Of Care (COC) dimana klien dan tenaga kesehatan yang kooperatif terlibat dalam manajemen pelayanan kesehatan secara berlanjut menuju pelayanan yang berkualitas, biaya perawatan yang efektif. Metode yang dilakukan pada laporan tugas akhir ini adalah metode pendekatan studi kasus dimana penulis mengumpulkan data dan mendeskripsikan proses asuhan kebidanan komprehensif berbasis Continuity Of Care (COC) pada ibu hamil trimester III, bersalin, nifas, neonatus dan keluarga berencana (KB) melalui pendekatan Varney dan SOAP. Setelah penulis melakukan asuhan kebidanan pada Ny. “I” selama kehamilan ditemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus, namun pada asuhan persalinan tidak ditemukan kesenjangan antara teori dan kasus, pada asuhan nifas, bayi baru lahir, dan keluarga berencana semua dalam batasan normal.
Thesis

Asuhan Kebidanan Komprehensif (Continuity Of Care/COC) pada Ny. “A” di PMB Bidan “M” Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso

Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Indonesia saat ini. Berdasarkan hasil data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bondowoso Angka Kematian Ibu (AKI) pada tahun 2016 sampai Agustus 2017 sebanyak 33 orang, Angka Kematian Bayi (AKB) pada tahun 2016 sampai Agustus 2017 sebanyak 268 bayi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi AKI dan AKB adalah menggunakan asuhan Continuity Of Care (COC) dimana klien dan tenaga kesehatan yang kooperatif terlibat dalam manajemen pelayanan kesehatan secara berlanjut menuju pelayanan yang berkualitas, biaya perawatan yang efektif. Metode yang dilakukan pada laporan tugas akhir ini adalah metode pendekatan studi kasus dimana penulis mengumpulkan data dan mendeskripsikan proses asuhan kebidanan komprehensif berbasis Continuity Of Care (COC) pada ibu hamil trimester III, bersalin, nifas, neonatus dan keluarga berencana (KB) melalui pendekatan Varney dan SOAP. Setelah penulis melakukan asuhan kebidanan pada Ny. “A” selama kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, dan keluarga berencana semua dalam batasan normal dan tidak terdapat kesenjangan antara teori dan kasus.
Suggested For You
Thesis

Asuhan Kebidanan Komprehensif (Continuity Of Care/Coc)Pada Ny “I” Di Bpm “D” Kabupaten Bondowoso

Kesejahteraan suatu bangsa dipengaruhi oleh kesejahteraan ibu dan anak yang dipengaruhi oleh proses kehamilan, persalinan, nifas, neonatus dan pemakaian alat kontrasepsi. Faktor yang menjadi indikator kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yaitu Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso jumlah kematian ibu dan bayi mengalami kenaikan. Pada tahun 2015 jumlah kematian ibu mencapai 19 orang dan jumlah kematian bayi mencapai 167 orang, sedangkan pada tahun 2016 jumlah kematian ibu mencapai 20 orang dan jumlah kematian bayi mencapai 178 orang. Akibat kematian ibu yaitu komplikasi kehamilan, persalinan, dan nifas, sedangkan pada bayi yaitu Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), asfiksia, tetanus neonatorum, sepsis, kongenital, trauma lahir. Upaya kesehatan yang dapat dilakukan yaitu dengan pelayanan berkelanjutan atau Continuity of Care (COC) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang membutuhkan hubungan terus menerus antara pasien dengan tenaga profesional kesehatan. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu dalam bentuk studi kasus, dimana peneliti mendapatkan informasi langsung dari pasien dengan berbasis Continuity Of Care (COC) pada ibu hamil Trimester III, persalinan, nifas, BBL, dan keluarga berencana (KB). Melalui pendekatan varney dan SOAP. Asuhan kebidanan Ny “I” pada kehamilan terdapat kesenjangan, sedangkan pada persalinan, nifas, BBL, dan keluarga berencana tidak terdapat kesenjangan.
Read more articles