Metrics

  • visibility 324 views
  • get_app 139 downloads

Tata Kelola Ekonomi Daerah Aceh: Survei Pelaku Usaha dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh, 2008

Published 2008

Abstract

Survei tata kelola ekonomi daerah di seluruh 23 kabupaten/kota di Aceh yang dilakukan tahun 2008 adalah survei yang pertama kali dilakukan di wilayah ini dengan cakupan yang demikian luas. Meskipun demikian, survei ini tidak terlepas kaitannya dengan survei dengan instrumen yang sama tahun 2007 atas 243 kabupaten/kota di 15 provinsi lain di Indonesia. Lebih lanjut, survei ini merupakan kesinambungan survei tahunan yang dilakukan KPPOD selama 5 kali dalam periode tahun 2001-2005 tentang daya tarik investasi kabupaten/kota di Indonesia.

Berbagai survei tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan kompetisi antar daerah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi aktivitas bisnis. Bagi daerah di peringkat atas, diharapkan mampu menjaga kinerjanya yang baik dan terus mengembangkan peningkatan kinerja. Sedangkan bagi daerah daerah di peringkat bawah diharapkan termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya, mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya.

Survei yang dilakukan dengan fokus pada kebijakan dan implementasinya, dengan tidak menggabungnya dengan faktor endowment yang bersifat anugerah seperti tanah, sumber daya alam, dan jumlah penduduk, menunjukkan perbandingan antar daerah yang adil. Perbandingan yang dilakukan dengan menggunakan benchmark antar daerah yang disurvei memberikan gambaran bahwa kinerja yang diraih daerah pada peringkat tertinggi, dapat juga dicapai oleh daerah-daerah lain yang disurvei.

Full text

 

Metrics

  • visibility 324 views
  • get_app 139 downloads