Journal article // Jurnal Informasi dan Komputer






Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Seleksi Penerimaan Beras (Raskin) Menggunakan Metode Ahp Studi Kasus: Kelurahan Tanjung Harapan Kotabumi Lampung Utara
Ekim 28, 2019  //  DOI: 10.35959/jik.v7i2.134
Merri Parida, Merina Merina

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Raskin merupakan salah satu program bantuan pemerintah yang berbentuk penyaluran beras kepada warga miskin agar dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya, dalam pendistribusian Raskin terkadang ditemui kendala-kendala, kendalanya bisa dari masyarakat atau petugas itu sendiri. Permasalahan yang dihadapi adalah penilaian masih bersifat subjektif. Hal ini dikhawatirkan menimbulkan ketidaktepatan dalam menilai sehingga raskin tidak tepat sasaran.
Penyaluran raskin harus dilakukan dengan baik, transapran dan terorganisir agar raskin yang diterima tepat sasaran dan benar-benar orang yang membutuhkan. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pendukung keputusan untuk membantu petugas dalam menyeleksi warga yang berhak menerima bantuan raskin tersebut berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Metode sistem pendukung keputusan yang digunakan dalam pengambilan keputusan ini adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk pengolahan datanya. Dalam merancang sistem ini digunakan alat bantu seperti DFD dan Flowchart sedangkan metode pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall.
Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Seleksi Penerima Raskin pada Kelurahan Tanjung Harapan Kotabumi menggunakan Metode Analithycal Hirarchy Process (AHP) memberikan kemudahan dalam mengolah data dan mengambil keputusan untuk menentukan keluarga yang tidak mampu dan berhak menerima bantuan Raskin dan mempermudah dalam pembuatan laporan penerima Raskin.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads