Journal article // Jurnal Informasi dan Komputer






Model Pengambilan Keputusan Penerima Bantuan Raskin Mengunakan Metode Weighted Product (Wp) dan Topsis
Ekim 28, 2019  //  DOI: 10.35959/jik.v7i2.157
Rustam Rustam, Dr Rz Abdul Aziz

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah ataupun model  metode WP dan metode Topsis, serta membandingkan hasil analisis kedua metode tersebut, terkait pengambilan keputusan untuk menentukan penerima raskin di kecamatan way pengubuan Lampung tengah.
Penyerapan tenaga kerja yang rendah serta kemampuan sumber daya manusia yang kurang memadai membuat kehidupan masyarakat dibawah garis kemiskinan. Usaha pemerintah dengan meluncurkan berbagai jenis bantuan tidak membuat tingkat kemiskinan berkurang. Beberapa faktor penyebabnya antara lain pemberian bantuan tidak tepat sasaran dan kriteria yang digunakan sebagai dasar penilaian belum maximal. Pemilihan metode harus sesuai untuk mengantisipasi kesalahan terhadap data yang akan digunakan. Metode Weighted Product (WP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) bagian dari Multi-Attribut Decision Making (MADM) digunakan untuk melakukan perangkingan terhadap keseluruhan alternatif dari kriteria dan subkriteria yang telah ditentukan.
Implementasi kedua metoda terhadap kesepuluh alternatif (Kecamatan way pengubuan Lampung tengah) ternyata memberikan hasil yang sangat baik mengunakan dua metode ini. Dan hasil perhitungan kedua metode ini berbeda maka disimpulkan hasil terkecillah yang terbaik adalah  Topsis  dengan nilai: 0,070137683

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads