Journal article // Jurnal Informasi dan Komputer






Aplikasi Kamus Bahasa Jepang Berbasis Mobile Android
Nisan 25, 2020  //  DOI: 10.35959/jik.v8i1.178
Rustam Rustam, A. Yanda Febry Pangestu

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Kamus merupakan sejenis buku yang menerangkan makna kata kata maupun terjemahaan, tetapi berkembangnya era digital penggunaan kamus hanya sebatas buku secara fisik. Dengan di buatnya kamus offline berbasis android memudahkan pengguna maupun siswa yang keterbatasan dengan jaringan internet dan memudahkan juga bagi pengguna awal.
 
Dari permasalahan di atas maka penulis merancang sebuah aplikasi kamus bahasa Jepang berbasis mobile android dengan menggunakan Applybuilder / MIT Inventor. Alat pengembangan sistem yang digunakan adalah Unified Modeling  Language (UML)  menggunakan use case diagram, diagram activity. Metode pengembangan sistem yang digunakan extreme programming, yang memiliki keunggulan pengembangan sistem yang lebih cepat dan proses pengembangan lebih responsive terhadap kebutuhan siswa atau pengguna. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi atau pengamatan, wawancara dan studi pustaka. Data yang digunakan adalah berasal dari populasi dan sampel yang terdiri dari siswa dan pengguna.
 
Hasil dari penelitian maka diperoleh program aplikasi kamus bahasa Jepang berbasis mobile android. Dengan sistem ini siswa / pengguna dapat dengan mudah mendapatkan hasil dari terjemahaan bahasa Indonesia ke bahasa Jepang dan sebaliknya tanpa harus menggunakan secara manual

Full text
Show more arrow
 
More from this journal
Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk Menentukan Tingkat Kedisiplinan Siswa
🧐  Browse all from this journal

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads