Journal article // Jurnal Informasi dan Komputer






Penerapan Metode Extreme Programming Smartschool pada Smk Nusantara 1 Kotabumi
Ekim 29, 2020  //  DOI: 10.35959/jik.v8i2.183
Merri Parida, Ahmad Basori Ali

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Proses belajar-mengajar yang sedang berjalan pada sekolah SMK Nusantara 1 Kotabumi masih bersifat konvensional yaitu guru menyampaikan materi pelajaran, tugas, kuis, pengumpulan tugas di kelas dan setiap mata pelajaran hanya dilakukan beberapa kali pertemuan seminggu dengan waktu yang terbatas. Tujuan penelitian ini adalah penerapan metode extreme programming smartschool pada SMK Nusantara 1 Kotabumi untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi oleh sekolah SMK Nusantara 1 Kotabumi.
Rancang bangun software smartschool pada SMK Nusantara 1 Kotabumi menggunakan metode extreme programming yang meliputi empat tahapan yaitu: (1) planning (perencanaan); (2) design (perancangan); (3) coding (pengkodean); dan (4) testing (pengujian). Desain sistem smartschool menggunakan bahasa pemodelan berorientasi objek yaitu UML (Unified Modeling Language).
Hasil penelitian ini adalah terciptanya model sistem pembelajaran online sehingga interaksi antara guru dan siswa dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempercepat penyampaian informasi kepada siswa dan orang tua siswa tentang perkembangan dan capaian setiap siswa. Hal ini dapat mendukung pembelajaran di sekolah dan menciptakan budaya/lingkungan belajar yang efektif dan efisien serta paperless.

Full text
Show more arrow
 
More from this journal
Rancang Bangun Sistem Informasi Konseling untuk Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Berbasis Website
🧐  Browse all from this journal

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads