Journal article // Jurnal Informasi dan Komputer






Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Amik Dian Cipta Cendikia Bandar Lampung
Nisan 3, 2022  //  DOI: 10.35959/jik.v10i1.302
Sukatmi Sukatmi, Euis Mustika Prianganti, Astriyanti Astriyanti

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Perpustakaan adalah kumpulan buku atau bangunan fisik tempat buku dikumpulkan, disusun menurut sistem tertentu untuk kepentingan pemakai. Akan tetapi keberadaan perpustakaan tidak hanya sebatas itu, sejatinya perpustakaan mempunyai komponen yang lebih kompleks untuk dapat diakses dan diminati oleh pengunjungnya. Perpustakaan perguruan tinggi merupakan sebuah sarana penunjang yang didirikan untuk mendukung kegiatan civitas akademik, dimana perguruan tinggi itu berada. Untuk menciptakan Kenyamanan dan memenuhi kebutuhan civitas akadmika Perpustakaan AMIK Dian Cipta Cendikia perlu dikembangkan menjadi sistem informasi perpustakaan berbasis website.
Pengembangan sistem informasi perpustakaan ini dikembangkan dengan metodologi eXtreme Programming (XP). Alat perancangan sistem yang digunakan adalah Unified Modelling Language (UML) berupa use case diagram, class diagram, rancangan input output dan activity diagram.  Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan database MySQL.
Hasil akhirnya adalah sistem informasi perpustakaan berbasis web. Fasilitas yang tersedia meliputi pengolahan data anggota, pengolahan data buku,trnnsaksi peminjaman dan pengembalian serta pengolahan data denda bagi petugas perpustakaan. Mahasiswa dapat mengakses koleksi buku dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bahan pustaka. Bagi pimpinan,sistem informasi perpustakaan dapat menyajikan informasi tentang koleksi dan sirkulasi buku sehingga dapat diketahui koleksi buku yang banyak dibutuhkan oleh dosen maupun mahasiswa

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads