Journal article // Jurnal Informasi dan Komputer






Sistem Informasi Penjualan Alat-alat Pancing Berbasis Web pada Toko Yoggi Bersaudara di Talang Padang Kabupaten Tanggamus (Studi Kasus Toko Yoggi Bersaudara)
Nisan 20, 2022  //  DOI: 10.35959/jik.v10i1.315
Rima Mawarni, Dewi Triyanti, Dodi Afriansyah, Yoggi Kurniawan, Dwi Sartika

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Usaha disegala bidang saat ini  dipengaruhi dalam sekala besar oleh penggunaan teknoli, terutama pemanfaatan internet. Penggunaan metode transaksi secara online sangat berkembang pesat, bahkan sampai pada beberapa aspek, dan kegiatan yang biasa dilakukan secara manual, sekarang dilakukan dengan menggunakan sistem online.  E-commerce semakin diminati karena  beberapa keunggulan, seperti biaya operasional yang relatif murah dan kemudahan untuk melakukan manajemen barang yang diperdagangkan serta kemudahan dalam penyusunan laporan yang diperlukan, karena data yang ada adalah data pasti dengan perhitungan yang akurat. Kemudahan yang diberikan melalui layanan e-commerce tentunya dapat memberikan keuntungan pada semua pihak.
Mekanisme promosi dan penjualan alat-alat pancing pada Toko Yoggi Bersaudara  saat ini masih banyak dengan cara konvensional yaitu pembeli langsung datang ke tokotersebut. Strategi penjualan seperti ini sangat memungkinkan akan timbulnya masalah dikemudian hari, diantaranya pelanggan/pembeli yang lokasinya berjauhan atau berada di luar kota akan merasa keberatan untuk berbelanja di toko. Pengelolaan manajemen yang masih dilakukan secara manual. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah prototype, dengan alat pengembangan sistem UML,Usecase diagram, class diagram, squen diargam, diagram activity.
Dengan adanya penjualan alat-alat pancing secara online ini diharapkan dapat mempermudah pemilik Toko dalam melakukan pemasaran alat-alat pancing serta membantu dalan membuat laporan pendapatan baik harian ataupun bulanan, sehingga waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads